Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Jumat, 24 Desember 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas/ Semester             : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                    : 1 , 2, 3 , 4, dan 5
Alokasi Waktu              :        10 × 45 menit
Standar Kompetensi    : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar        : 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Tujuan                          : Siswa dapat membedakan dan mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

 ==============================================================                                            

I.    Indikator
·        Mendefinisikan pengertian metabolisme
·        Menguji reaksi respirasi dengan eksperimen
·        Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
·        Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
·        Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen
·        Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis

II.  Materi Ajar
·         Proses respirasi
·         Tahap-tahap reaksi respirasi
·         Proses fotosintesis
·         Tahap-tahap reaksi fotosintesis

III. Metode Pembelajaran
      Diskusi - Tanya-jawab – Eksperimen - Penugasan

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran

      Pertemuan 1 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi katabolisme.
·         Guru menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya proses respirasi.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi manusia.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru menjelaskan reaksi umum respirasi.
·         Guru meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara membuktikan reaksi respirasi.
·         Siswa menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil diskusi kelompok.

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan proses respirasi.
·         Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya merupakan rangkaian banyak reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
·         Guru menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi respirasi.

      Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan secara singkat tentang metabolisme, kemudian memberikan kuis tentang materi yang telah dipelajari minggu lalu.menjadi.
·         Dengan menggunakan bagan, guru menjelaskan tentang respirasi yakni glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron serta hubungan antara ketiga tahap reaksi tersebut dalam proses respirasi.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Dengan menggunakan Gambar, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi glikolisis.
·         Berdasarkan tahap-tahap reaksi glikolisis siswa mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat dari aspek zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
·         Dengan menggunakan Gambar, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi pada siklus Krebs.
·         Berdasarkan tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan pengertian siklus krebs dilihat dari zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
·         Dengan menggunakan Gambar, siswa mendiskusikan proses transpor elektron dan hasilnya.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan
·         Guru memberikan memberikan kuis untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan.

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua macam reaksi repirasi yaitu respirasi aerob dan anaerob.
·         Siswa mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan anaerob.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara respirasi anaerob dan fermentasi.

B.     Kegiatan inti (50 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi fermentasi.
·         Siswa menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam fermentasi.

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi aerob dan anaerob dilihat dari ATP yang dihasilkan.

Pertemuan 4 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan Eksperimen
·         Siswa mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksperimen.

B.     Kegiatan inti (40 menit)
·         Siswa melakukan kegiatan eksperimen  Fotosintesis dengan pepengujian daun Geranium
·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
C.     Kegiatan akhir (40 menit)
·         Guru menjelaskan reaksi umum fotosintesis
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil eksperimen dengan reaksi fotosintesis.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian daun (kloroplas) tempat berlangsungnya fotosintesis.

Pertemuan 5 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan contoh reaksi  fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh reaksi anabolisme.
·         Guru mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan stroma) dan peranannya dalam fotosintesis.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya matahari  dalam reaksi terang fotosintesis dan hasilnya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi terang untuk pembentukan glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
·         Guru menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses metabolisme. Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas maupun menggunakan power point.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis.
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis.
·         Charta / Bagan tahapan-tahapan metabolisme.
·         Gambar

VI. Penilaian
·    Laporan hasil praktikum
·    Uji kompetensi tertulis
·    Bagan proses metabolisme


A.      Bentuk Instrumen
No
Materi
Indikator
Tujuan pembelajaran
C1
C2
C3
C4
C5
C6
1.
Pengertian metabolisme
Menjelaskan
Pengertian metabolisme

Siswa dapat memjelaskan pengertian metabolisme

ü   




2.
Katabolisme  dan anabolisme
Menjelaskan perbedaan katabolisme dan anabolisme
Siswa dapat mejelaskan perbedaan antara katabolisme dengan anabolisme

ü   

ü  *

ü   



3.







 

4.
Respirasi anaerob dan respirasi  aerob





Reaksi respirasi

Membedakan reaksi respirasi anaerob dengan reaksi aerob berdasarkan energi yang dihasilkan


Menjelaskan tahapan-tahapan reaksi respirasi
Siswa dapat membedakan respirasi anaerob dengan respirasi aerob berdasarkan energi yang dihasilkan


Siswa mampu menjelaskan tahapan- tahapan dalam  proses respirasi

















5.
Reaksi fotosintesis
Menjelaskan tahapan-tahapan reaksi fotosintesis
Siswa mampu
Menjelaskan tahapan-tahapan dalam reaksi fotosintesis








Jumlah    : Indikator pembelajaran berjumlah 5 indikator
·         C1         : -
·         C2         : 1
·         C3         : -
·         C4         : 4
·         C5         : -
·         C6         : -
Presetase : 100%
·         C1         : 1/5 x 100 = 20%
·         C2         : -
·         C3         : -
·         C4         : 4/5 x 100 = 80%
·         C5         : -
·         C6         : -



B.       Alat Evaluasi
Soal Objektif
1.  Respirasi pada proses pembuatan tape tergolong respirasi….
     a. aerobik                                        d. Metabolik
     b. anaerobik                                    e. Anabolik
     c. aerobik dan anaerobik
2.  pernyataan berikut bukan merupakan cri khas enzim sebagai biokatalisator....
    a.  hanya diperlukan dalam jumlah sedikit
    b.  dapat bekerja bolak-balik
    c.  kerjanya dipengaruhi suhu
    d.  hanya untuk reaksi anabolisme
3. Pernyataan berikut menunjukkan tempat berlangsungnya repirasi anaerobik, kecuali....
    a. pada jaringan yang kekurangan oksigen
    b. akar tumbuhan yang terndam air
    c.  sel-sel ragi
    d. sel-sel jamur
    e. otot yang bekerja keras terus-menerus
4.  Pada proses glikolisis dihasilkan....
    a.  glukosa                                                   d. glukosa 6-fosfst
    b.  asam piruvat                                           e. fruktosa
    c.  asetil Ko-A
5.  Manakah pernyataan berikut yang salah?
    a. energi yang berasal dari makhluk hidup berasal dari energi matahari.
    b. hasil fotosintesis adalah gula, karrbondioksida dan air.
    c.  energi yang dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup berbentuk ATP.
    d.  makhluk hidup heterotrof mampu berfotosintesis.
    e.  klorofil berfungsi menangkap energi cahaya.
6.  Respirasi aerobik meliputi urutan berikut....
    a.  daur krebs → glikolosis → STE
    b.  glikolisis → STE → daur krebs
    c.  glikolisis → daur krebs → STE
    d. glikolisis → STE → fermentasi
    e. glikolisis→ fermentasi → STE
7. Manakah pernyataan berikut ynga benar?
    a.  mikroorganisme ynag menggunakan senyawa kimiauntuk memperoleh energi guna    penyusunan bahan organik dikenal sebagai mikroorganime kemosintetik.
    b.  kemosintetik adalah proses penyusunan bahan kimia.
    c. semua mikroorganisme mampu melakukan kemosintesis.
    d. pembongkaran lemak menjadi energidisebut kemosintesis.
    e.  mikroorganisme yang melakukan kemosintesis bukan kemoautotrof.
8.  daging yang dibekukan didalam lemari estidak membusuk. Kejadian ini dapat dijelaskan sebagai berikut....
    a.  daging tersebut tidak mengalami metabolisme.
    b.  di dalam lemari es tidak berlangsung reaksi anaerobik.
    c.  pada suhu rendah enzim mikroorganisme pembusuk tidak bekerja.
    d.  di dalam lemari tidak ada cahaya.
    e.  didalam lemari es tidak ada O2
9. Pernyataan yang salah tentang fotosintesis adalah....
    a.  fotosintesis tidak dapat berlangsung tanpa adanya energi cahaya.
    b. fotolisisberlangsung tanpa bantuan energi cahaya, memecah molekul air menjadi H2  dan O2
    c.  reaksi gelap tidak berlangsung tanpa didahului reaksi terang.
    d.  tanpa tumbuhan hijau, lingkungan akan kekurangan energidan bahan makanan.
    e.  fotosintesis dapat berlangsung malam hari, asal cahaya lampu cukup.
10. Cahaya dalam fotosintesis digunakan untuk....
    a. Fotolisis                                       d.  Menyusun amilum
    b. Kemosintesis                               e. Glikolisis
    c. Reduksi karbondioksida
        
         Soal Esai
1.  Apakah yang dimaksud dengan anabolisme dan katabolisme? Jelaskan masing-masing     dengan satu contoh!
2.  Jelaskan ciri-ciri suatu enzim atau biokatalisator!
3.  Jelaskan dengan skema berlangsungnya reaksi glikolisis!
4.  Apakah keuntungan berlangsungnya reaksi dalam siklus Krebs? Jelaskan!
5.  Jelaskan berlangsungnya reaksi terang!
6.  Jelaskan pula berlangsungnya reaksi gelap!
7.  Jelaskan perbedaan antara respirasi aerobikdan anaerobik!
8.  Jelaskan perbedaan antara fotosintesis dan kemosintesis!
9.  Bagaimanakah membuktikan bahwa dalam fotosintesis dihasilkan amilum?
10. Apakah fungsi cahaya dalam fotosintesis?

 
Jambi, 27 April 2010
                                                                             Guru mata pelajaran

Tidak ada komentar:

Pengikut