Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Jumat, 24 Desember 2010

PERANAN BAKTERI



Bakteri menguntungkan & Bakteri pengurai

Bakteri saprofit menguraikan tumbuhan atau hewan yang mati, serta sisa-sisa atau kotoran organisme. Bakteri tersebut menguraikan protein, karbohidrat dan senyawa organik lain menjadi CO2, gas amoniak, dan senyawa-senyawa lain yang lebih sederhana. Oleh karena itu keberadaan bakteri ini sangat berperan dalam mineralisasi di alam dan dengan cara ini bakteri membersihkan dunia dari sampah-sampah organik.
[sunting] Bakteri nitrifikasi

Bakteri nitrifikasi adalah bakteri-bakteri tertentu yang mampu menyusun senyawa nitrat dari amoniak yang berlangsung secara aerob di dalam tanah. Nitrifikasi terdiri atas dua tahap yaitu:

    * Oksidasi amoniak menjadi nitrit oleh bakteri nitrit. Proses ini dinamakan nitritasi.

Reaksi nitritasi

    * Oksidasi senyawa nitrit menjadi nitrat oleh bakteri nitrat. Prosesnya dinamakan nitratasi.

Reaksi nitratasi

Dalam bidang pertanian, nitrifikasi sangat menguntungkan karena menghasilkan senyawa yang diperlukan oleh tanaman yaitu nitrat. Tetapi sebaliknya di dalam air yang disediakan untuk sumber air minum, nitrat yang berlebihan tidak baik karena akan menyebabkan pertumbuhan ganggang di permukaan air menjadi berlimpah.
[sunting] Bakteri nitrogen

Bakteri nitrogen adalah bakteri yang mampu mengikat nitrogen bebas dari udara dan mengubahnya menjadi suatu senyawa yang dapat diserap oleh tumbuhan. Karena kemampuannya mengikat nitrogen di udara, bakteri-bakteri tersebut berpengaruh terhadap nilai ekonomi tanah pertanian. Kelompok bakteri ini ada yang hidup bebas maupun simbiosis. Bakteri nitrogen yang hidup bebas yaitu Azotobacter chroococcum, Clostridium pasteurianum, dan Rhodospirillum rubrum. Bakteri nitrogen yang hidup bersimbiosis dengan tanaman polong-polongan yaitu Rhizobium leguminosarum, yang hidup dalam akar membentuk nodul atau bintil-bintil akar. Tumbuhan yang bersimbiosis dengan Rhizobium banyak digunakan sebagai pupuk hijau seperti Crotalaria, Tephrosia, dan Indigofera. Akar tanaman polong-polongan tersebut menyediakan karbohidrat dan senyawa lain bagi bakteri melalui kemampuannya mengikat nitrogen bagi akar. Jika bakteri dipisahkan dari inangnya (akar), maka tidak dapat mengikat nitrogen sama sekali atau hanya dapat mengikat nitrogen sedikit sekali. Bintil-bintil akar melepaskan senyawa nitrogen organik ke dalam tanah tempat tanaman polong hidup. Dengan demikian terjadi penambahan nitrogen yang dapat menambah kesuburan tanah.
[sunting] Bakteri usus

Bakteri Eschereria coli hidup di kolon (usus besar) manusia, berfungsi membantu membusukkan sisa pencernaan juga menghasilkan vitamin B12, dan vitamin K yang penting dalam proses pembekuan darah. Dalam organ pencernaan berbagai hewan ternak dan kuda, bakteri anaerobik membantu mencernakan selusosa rumput menjadi zat yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh dinding usus.
[sunting] Bakteri fermentasi

Beberapa makanan hasil fermentasi dan mikroorganisme yang berperan:
No.      Nama produk atau makanan   Bahan baku     Bakteri yang berperan
1.         Yoghurt           susu     Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
2.         Mentega          susu     Streptococcus lactis
3.         Terasi   ikan     Lactobacillus sp.
4.         Asinan buah-buahan   buah-buahan    Lactobacillus sp.
5.         Sosis    daging             Pediococcus cerevisiae
6.         Kefir    susu     Lactobacillus bulgaricus dan Srteptococcus lactis


[sunting] Bakteri penghasil antibiotik

Antibiotik merupakan zat yang dihasilkan oleh mikroorganisme dan mempunyai daya hambat terhadap kegiatan mikroorganisme lain. Beberapa bakteri yang menghasilkan antibiotik adalah:

    * Bacillus brevis, menghasilkan terotrisin
    * Bacillus subtilis, menghasilkan basitrasin
    * Bacillus polymyxa, menghasilkan polimixin

[sunting] Bakteri merugikan
[sunting] Bakteri perusak makanan

Beberapa spesies pengurai tumbuh di dalam makanan. Mereka mengubah makanan dan mengeluarkan hasil metabolisme yang berupa toksin (racun). Racun tersebut berbahaya bagi kesehatan manusia. Contohnya:

    * Clostridium botulinum, menghasilkan racun botulinin, seringkali terdapat pada makanan kalengan
    * Pseudomonas cocovenenans, menghasilkan asam bongkrek, terdapat pada tempe bongkrek
    * Leuconostoc mesenteroides, penyebab pelendiran makanan

[sunting] Bakteri denitrifikasi

Jika oksigen dalam tanah kurang maka akan berlangsung denitrifikasi, yaitu nitrat direduksi sehingga terbentuk nitrit dan akhirnya menjadi amoniak yang tidak dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan. Contoh bakteri yang menyebabkan denitrifikasi adalah Micrococcus denitrificans dan Pseudomonas denitrificans.
[sunting] Bakteri patogen

Merupakan kelompok bakteri parasit yang menimbulkan penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan.

Bakteri penyebab penyakit pada manusia:
No.      Nama bakteri   Penyakit yang ditimbulkan
1.         Salmonella typhosa     Tifus
2.         Shigella dysenteriae    Disentri basiler
3.         Vibrio comma             Kolera
4.         Haemophilus influenza           Influensa
5.         Diplococcus pneumoniae        Pneumonia (radang paru-paru)
6.         Mycobacterium tuberculosis   TBC paru-paru
7.         Clostridium tetani       Tetanus
8.         Neiseria meningitis      Meningitis (radang selaput otak)
9.         Neiseria gonorrhoeae Gonorrhaeae (kencing nanah)
10.       Treponema pallidum   Sifilis atau Lues atau raja singa
11.       Mycobacterium leprae             Lepra (kusta)
12.       Treponema pertenue    Puru atau patek


Bakteri penyebab penyakit pada hewan:
No.      Nama bakteri   Penyakit yang ditimbulkan
1.         Brucella abortus          Brucellosis pada sapi
2.         Streptococcus agalactia           Mastitis pada sapi (radang payudara)
3.         Bacillus anthracis        Antraks
4.         Actinomyces bovis      Bengkak rahang pada sapi
5.         Cytophaga columnaris            Penyakit pada ikan


Bakteri penyebab penyakit pada tumbuhan:
No.      Nama bakteri   Penyakit yang ditimbulkan
1.         Xanthomonas oryzae Menyerang pucuk batang padi
2.         Xanthomonas campestris        Menyerang tanaman kubis
3.         Pseudomonas solanacaerum    Penyakit layu pada famili terung-terungan
4.         Erwinia amylovora      Penyakit bonyok pada buah-buahan

Peranan virus dalam kehidupan manusia
Coba amatilah keadaan lingkungan! Seperti yang kita lihat, virus kebanyakan bersifat merugikan karena jenis-jenis virus yang berbeda yang menginfeksi dan menyebabkan berbagai penyakit pada tumbuhan, hewan dan manusia. Tetapi dengan kelebihannya, manusia dapat menemukan virus yang dapat dimanfaatkan. Berikut ini akan diuraikan contoh-contoh virus yang menguntungkan dan merugikan.
Virus yang menguntungkan
1. Pembuatan Antitoksin
Para ahli memanfaatkan dengan menggabungkan sifat-sifat DNA yang menguntungkan antara virus dan gen lain sehingga sifat yang menguntungkan tersebut akan dimiliki oleh bakteri yang diinfeksi. Contohnya, DNA virus digabungkan dengan DNA manusia yang memiliki sifat antitoksin (pelawan racun/penyakit). Selanjutnya, virus tersebut diinfeksikan dengan sel bakteri sehingga sel bakteri ini memiliki sifat gen manusia, yaitu memiliki sifat antitoksin. Dengan demikian, bakteri yang semula tidak mempunyai sifat antitoksin sekarang sudah memiliki sifat antitoksin.
Apabila bakteri tersebut membelah terus-menerus, berarti setiap sel bakteri memiliki sifat antitoksin dan selanjutnya dapat diberikan pada manusia. Contohnya, toksoid tetanus, toksin ini disuntikkan pada manusia untuk mencegah penyakit tetanus. Toksin ini biasanya diberikan kepada ibu hamil dan calon pengantin. Adapun bagi penderita tetanus akan diberikan ATS (Anti Tetanus Serum).
2. Untuk melemahkan bakteri
Apabila virus yang menginfeksi bakteri bersifat pathogen, maka DNA virus yang masuk akan merusak DNA bakteri sehingga bakteri tersebut menjadi tidak berbahaya karena sifat patogennya telah rusak. Contohnya, bakteri difteri yang berbahaya akan berubah sifatnya jika di dalamnya tersambung oleh virus profage.
3. Untuk memproduksi vaksin
Anda tentu pernah mendapat vaksin untuk mencegah terserangnya tubuh dari beberapa jenis penyakit. Vaksin digunakan manusia untuk memperoleh kekebalan tubuh/antibodi. Vaksin ini sebenarnya merupakan bibit penyakit yang telah dilemahkan dan apabila menyerang manusia tidak akan berbahaya lagi. Untuk itulah diperlukan vaksin bagi tubuh kita. Jika ada penyakit yang menyerang manusia, maka tubuh telah memiliki kekebalan yang berasal dari antibodi bagi penyakit tersebut. Contohnya, vaksin cacar, polio dan campak.
Metode pengobatan yang paling dianggap efektif adalah vaksinasi untuk merangsang kekebalan alami tubuh terhadap proses infeksi, sedangkan penggunaan antibiotik diantisipasikan untuk mengatasi gejala infeksi virus, yang sama sekali tidak mempunyai pengaruh terhadap kehidupan virus. Efek samping penggunaan antibiotik adalah resistensi bakteri terhadap antibiotik. Untuk itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut apakah suatu penyakit disebabkan oleh bakteri atau virus.
Virus yang merugikan
Sebagian besar virus bersifat merugikan, yaitu dapat menimbulkan berbagai penyakit pada hewan, tumbuhan maupun manusia.
Salah satu virus yang dianggap paling bahaya adalah filovirus. Grup ini terdiri atas Masburg ditemukan di Jerman tahun 1967 dan ebola. Filovirus adalah virus berbentuk panjang seperti cacing, dalam jumlah yang besar tampak seperti sepiring mie. Pada April 2005 virus Masburg penyebarannya sampai Angola. Sejak oktober 2004 hingga 2005, kejadian ini menjadi epidemis terburuk di dalam kehidupan manusia.
Virus penyebab penyakit pada manusia
Beberapa jenis penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus adalah sebagai berikut:
1. Influenza
Tentu anda pernah menderita sakit flu. Apa yang anda rasakan ketika terserang penyakit flu? Ada beberapa gejala penyakit flu, antara lain sakit kepala, batuk, demam


ERUGIKAN

Pada Tumbuh-tumbuhan
1. mozaik pada daun tembakau = Tobacco Mozaic Virus
2. mozaik pada kentang = Potato Mozaic Virus
3. mozaik pada tomat = Tomato Aucuba Mozaic Virus
4. kerusakan floem pada jeruk = Citrus Vein Plhoem Degeneration

Pada Hewan :
1. Tetelo (parrot fever) pada unggas = New Castle Disease Virus (NCDV)
2. Cacar pada sapi = Vicinia Virus
3. Lidah biru pada biri-biri = Orbivirus
4. Tumor kelenjar susu monyet = Monkey Mammay Tumor Virus
5. Penyakit kuku dan mulut pada sapi dan domba = Foot and Mouth Disease

Pada Manusia
1. influenza = Influenzavirus
2. AIDS Retrivorus = HIV
3. Hepatitis = Hepatitis Virus
4. Ebola =Ebola Filoviruses
5. Polio = Polio virus
6. Rabies = Rabdhovirus
7. SARS = Coronavirus
8. Flu burung = Avianvirus (H5N1)
9. Herpes = Herpes Simplex Virus (HSV)

MANFAAT
bisa digunakan dalam pembuatan vaksin.
Vaksin adalah virus yang telah dilemahkan..
materi referensi:
LKS Biologi saya kelas X



ang menguntungkan: Virus dapat dimanfaatkan dalam bidang rekayansa genetika maupun penelitian. contohnya adalah Vaksin. Vaksin adalah mikroorganisme patogen (dapat menyebabkan penyakit) yang telah dilemahkan sehingga patogenitas(penyebab penyakit)-nya hilang, tapi sifat anti genitas( penimbul antibodi)-nya teta

Contoh Jamur Zygomycota
Yang menguntungkan :

Rhizopus oryzae
Berguna untuk pembuatan tempe.


Rhizopus nigricans
Berguna untuk menghasilkan asam fumarat.

Yang merugikan :

Mucor mucedo
Saprofit pada roti, kotoran ternak, dan sisa makanan yang mengandung karbohidrat.


Rhizopus stolonifer
Jamur ini disebut juga jamur roti hitam. Jamur ini tumbuh dan berkembang pada roti apek.




Contoh Jamur Ascomycota
Yang menguntungkan :

Neurospora crassa
Berguna dalam pembuatan oncom.





Saccharomyces cereviceae
Terdapat pada ragi dan digunakan untuk mengembangkan kue.



Saccharomyces tuac
Memfermentasi air nira menjadi tuak.



Saccharomyces ellipsoides
Berperan sebagai memfermentasi anggur menjadi minuman anggur.



Aspergillus oryzae
Berguna untuk mengempukkan adonan roti. Dan berguna untuk pembuatan sake (minuman alkohol berasal dari Jepang).


Aspergillus wentii
Berperan dalam pembuatan kecap.

Aspergillus niger
Berguna untuk menjernihkan sari buah.




Penicillium notatum
Berguna untuk menghasilkan antibiotik penisilin.



Penicillium chrysogenum
Berguna untuk menghasilkan antibiotik penisilin.






Penicillium camemberti
Berguna untuk mengharumkan aroma keju.




Penicillium roqueforti
Berguna untuk mengharumkan aroma keju.




Trichoderma
Berguna untuk memperoduksi protein (TSP)
Morchella esculenta
Jenis jamur ini dapat dibuat makanan.

Yang merugikan :

Aspergillus flavus
menghasilkan racun alfatoksin yang menyebabkan kanker pada manusia.


Aspergillus fumigatus
Menyebabkan penyakit paru-paru pada burung.



Xylaria tabacina
Parasit pada petai Cina.


Claviceps purpurea
Parasit pada bakal buah gramineae.
Contoh Jamur Basidiomycota
Yang menguntungkan :

Volvariella volvaceae
Jamur merang, merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dimakan dan enak rasanya.



Auricularia polytricha
Jamur kuping, merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dimakan dan enak rasanya.



Pleurotus
Jamur tiram, terdapat pada kayu yang telah lapuk. Merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dimakan dan enak rasanya.


Yang merugikan :

Polyporus giganteus
Jamur yang tumbuh dipapan yang lembab.

Clavaria zippelli
Merupakan jamur liar di hutan dan beracun.



Amanita phalloides
Saprofit pada kotoran ternak. Sangat beracun.


Puccinia graminis
Jamur karat, parasit pada rumput-rumputan, bertubuh mikroskopis. Berwarna karat.

Ustilago maydis
Parasit pada jagung.

Contoh Jamur Deuteromycota
Yang merugikan :

Epidermophyton floocosum
Penyebab penyakit kaki atlet pada manusia.




Microsporum
Penyebab penyakit kurap pada manusia.




Trighophyton
Penyebab penyakit kurap pada manusia.



Sclerotium rolfsii
Penyebab penyakit busuk pada tanaman budidaya.

Trichophyton tonsurans
Menyebab penyakit ketombe pada manusia.

Malassezia furfur
Penyebab penyakit panu pada manusia.



Candida albicans
Penyebab penyakit infeksi pada vagina manusia.



Peranan Jamur
Peranan jamur dalam kehidupan manusia sangat banyak, baik peran yang merugikan maupun yang menguntungkan. Jamur yang menguntungkan meliputi berbagai jenis antara lain sebagai berikut.
a. Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan pangan
berprotein tinggi.
b. Rhizopus dan Mucor berguna dalam industri bahan makanan, yaitu
dalam pembuatan tempe dan oncom.
c. Khamir Saccharomyces berguna sebagai fermentor dalam industri
keju, roti, dan bir.
d. Penicillium notatum berguna sebagai penghasil antibiotik.
e. Higroporus dan Lycoperdon perlatum berguna sebagai dekomposer.

Di samping peranan yang menguntungkan, beberapa jamur juga mempunyai peranan yang merugikan, antara lain sebagai berikut.
a. Phytium sebagai hama bibit tanaman yang menyebabkan penyakit
rebah semai.
b. Phythophthora inf'estan menyebabkan penyakit pada daun tanaman
kentang.
c. Saprolegnia sebagai parasit pada tubuh organisme air.
d. Albugo merupakan parasit pada tanaman pertanian.
e. Pneumonia carinii menyebabkan penyakit pneumonia pada paru-paru
manusia.
f. Candida sp. penyebab keputihan dan sariawan pada manusia.
Contoh spesies:
1. Sacharomyces cerevisae:
sehari-hari dikenal sebagai ragi.
- berguna untuk membuat bir, roti maupun alkohol.
- mampu mengubah glukosa menjadi alkohol dan CO2 dengan
proses fermentasi.
2. Neurospora sitophila:
jamur oncom.
3. Peniciliium noJaJum dan Penicillium chrysogenum
penghasil antibiotika penisilin.
4. Penicillium camemberti dan Penicillium roqueforti
berguna untuk mengharumkan keju.
5. Aspergillus oryzae
untuk membuat sake dan kecap.
6. Aspergillus wentii
untuk membuat kecap
7. Aspergillus flavus
menghasilkan racun aflatoksin Þ hidup pada biji-bijian. flatoksin salah satu penyebab kanker hati.
8. Claviceps purpurea
hidup sebagai parasit padabakal buah Gramineae.
1. Volvariella volvacea :
jamur merang, dapat dimakan dan sudah dibudidayakan
2. Auricularia polytricha :
jamur kuping, dapat dimakan dan sudah dibudidayakan
3. Exobasidium vexans :
parasit pada pohon teh penyebab penyakit cacar daun teh atau
blister blight.
4. Amanita muscaria dan Amanita phalloides:
jamur beracun, habitat di daerah subtropis
5. Ustilago maydis :
jamur api, parasit pada jagung.
6. Puccinia graminis :
jamur karat, parasit pada gandum

Tidak ada komentar:

Pengikut