Sekolah : SMA Negeri 1 Muaro Jambi
Mata pelajaran : Biologi
Kelas : XII IPA
Semester : 1 (satu)
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi waktu : 6 X 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Indikator : a. Membedakan pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
b. Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan berbiji.
c. Menjelaskan faktor-faktor eksternal (cahaya, suhu) yang mem-
pengaruhi pertumbuhan primer pada tanaman.
d. menjelaskan faktor-faktor internal (hormon) yang mem-
pengaruhi pertumbuhan primer pada tanaman.
e. Melakukan presentase hasil percobaan pengaruh faktor luar ter-
hadap pertumbuhan.
Tujuan Pembelajaran : a. Siswa dapat membedakan pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
b. Siswa dapat mejelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada
tumbuhan berbiji.
c. Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor eksternal (suhu, cahaya)
yang mempengaruhi pertumbuhan primer pada tanaman.
d. Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor internal (hormon) yang
mempengaruhi pertumbuhan primer pada tanaman.
e. siswa dapat melakukan presentase hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan.
Materi pembelajaran :
· Pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
· Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan berbiji.
· Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Model Pembelajran :
· SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy)
Metode pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi
· Pengamatan
· Percobaan
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
· Membuka pelajaran dengan salam.
· Menyampaikan kompetensi dan inditator yang akan dicapai.
· Memotivasi siswa dengan cara tanya jawab tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuhan.
B. Kegiatan Inti (60 menit)
· Siswa bersama guru mengkaji informasi dari berbagai literatur tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan,
· Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan berbiji.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
· Siswa bersama guru pengaruh beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
C. Kegiatan Penutup (20 menit)
· Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk mengambil kesimpulan.
· Mengingatkan siswa untuk mempersiapkan bahan presentase pada pertemuan berikutnya.
· Menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan 2 (2 x 45 menit)
A. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
· Membuka pelajaran dengan salam.
· Tanya jawab hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
· Guru menanyakan hasil penugasan untuk dipresenatasekan
B. Kegiatan Inti (60 menit)
· Melakukan presentase hasil percobaan kelompok
· Memberikan tanggapan dan masukan terhadap presentase kelompok yang lain.
C. Kegiatan Penutup (20 menit)
· Siswa menyimpulkan dan merangkum percobaan masing-masing kelompok.
· Guru mengingatkan kembali kepada kelompok yamg belum tampil unutk mempersiapkan bahan presentase pada pertemuan berikutnya.
· Menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan 3 (2 x 45 menit)
A. Kegiatan pendahuluan (10 menit)
· Membuka pelajaran dengan salam
· Tanya jawab tentang haasil presentase
B. Kegiatan Inti (60 menit)
· Melakukan presentase hasil percobaan kelompok.
· Memberikan tanggapan dan masukan terhadap presentase kelompok lain.
C. Kegiatan penutup (20 menit)
· Siswa menyimpulkan dan merangkum percobaan masing-masing kelompok.
· Menutup pelajaran dengan salam.
Sumber, alat, dan bahan
Sumber : Buku paket (Pujiyanto, sri. 2006. Mejelajah Dunia Biologi 3. Solo : PT. Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri).
Alat : Infokus, computer.
Bahan : LKS, bahan presentase.
Penggujian / Penilaian
A. Penilaian proses
· Penilaian Efektif
Melakukan penilaian dalam diskusi dan komunikasi hasil percobaan.
· Penilaian Kognitif
Tes tertulis.
· Penilaian Psikomotor
Penilaian pada saat pembuatan laporan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan, dan penilaian pada saat melakukan diskusi kelompok.
B. Bentuk Instrumen
No | Materi | Indikator | Tujuan pembelajaran | C1 | C2 | C3 | C4 | C5 | C6 |
1. | Pengertian pertumbuhan dan perkembangan | Membedakan pengertian pertumbuhan dan per-kembangan. | Siswa dapat membedakan pengertian pertumbuhan dan perkem- Bangan | | ► ü | | | | |
2. | Perkecambahan | Menjelaskan pertumbuhan dan per-kembangan pada tum-buhan berbiji | Siswa dapat mejelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan berbiji | | ü ► ü * ü | | | | |
3. | Pertumbuhan Primer | Menjelaskan faktor-faktor eksternal (cahaya, suhu) yang mem-pengaruhi pertumbuhan primer pada tanaman. | Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor eksternal (suhu, cahaya) Yang mem-pengaruhi pertumbuhan primer pada tanaman. | | ► | | | | |
4. | Pertumbuhan sekunder | Menjelaskan faktor-faktor internal (hormon) yang mem-pengaruhi pertumbuhan primer pada tanaman. | Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor internal (hormon) yang mempengaruhi pertumbuhan primer pada tanaman. | | ► | | | | |
5 | Faktor-faktor yang berpengaruh | Melakukan presentase hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan. | siswa dapat melakukan presentase hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan | | | ► | | | |
Jumlah : Indikator pembelajaran berjumlah 5 indikator
· C1 : -
· C2 : 4
· C3 : 1
· C4 :
· C5 :
· C6 :
Presetase : 100%
· C1 : -
· C2 : 4/5 x 100 = 80%
· C3 : 1/5 x 100 = 20%
· C4 : -
· C5 : -
· C6 :
C. Alat Evolusi
Bentuk Soalnya adalah Esay, contohnya adalah sebagai berikut :
1. Apa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan?
2. Jelaskan tahap-tahap perkecambahan pada biji kacang hijau?
3. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, serta berikan masing-masing 2 contoh dari faktor tersebut?
4. Apa yang membedakan pertumbuhan dan perkembangan pada perkecambahan ditempat yang terang dan ditempat yang gelap? Berikan alasannya!
Jambi, 30-maret-2010
Guru mata pelajaran
Lussy Maryati (A1C407019)
Kunci Jawabannya
No | Jawaban | Skor |
1. | · Pertumbuhan : suatu proses pertambahan biomassa atau ukuran (berat, volume, atau jumlah) yang bersifat irreversible, dan merupakan suatu konsep kuantitaif. · Perkembangan : suatu proses perubahan yang menyertai pertumbuhan, didalam proses tersebut terjadi diferensiasi sel, histogenesis, organogenesis, dan gametogenesis. Dan merupakan suatu konsep kualitatif. Jadi, yang membedakan antara pertumbuhan dan perkembangan itu teletak pada sifat dan konsep dari keduanya. | 25 |
2. | Tahapnya adalah sebagai berikut : · Perkecambahan diawali dengan pristiwa Imbibisi, · Perubahan kondisi di dalam sel yang mengaktifkan enzim-enzim sehingga dapat mengkatalis reaksi-reaksi biokimiawi perkecambahan, · Kemudian pertumbuhan dari embrio, · Kebutuhan nutrisi embrio diperoleh dari endosperm dan kotiledon. | 25 |
3. | · Faktor internal : merupakan faktor yang dipengaruhi oleh dalam tumbuhan itu sendiri, contohnya : faktor Hereditas (gen), dan Hormon. · Faktor Internal : merupakan faktor yang dipengaruhi dari luar tumbuhan tersebut atau lingkungan, contohnya : faktor cahaya matahari, suhu. | 25 |
4. | · Ditempat terang : batang lebih pendek berwarna agak kehijauan, daun berwarna hijau. · Ditempat gelap : batang lebih tinggi berwarna putih, daunnya berwana agak kekuningan. · Alasannya adalah pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi juga dengan faktor luar dari tumbuhan itu sendiri, salah satunya faktor cahaya matahari. | 25 |
| Jumlah | 100 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar