Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Rabu, 22 Desember 2010

Budidaya jamur kayu ” Ganoderma lucidum “


Ganoderma termasuk salah satu kelompok jamur kayu famili Polyporacaae, ordo Polyparales, klas Basidiomycetes, divisi Eumycophyta. Famili Polyporaceae pada umumnya memiliki tubuh buah berupa kipas, kerak, papan, atau payung. Tubuh jamur dapat berumur sampai beberapa tahun. Sebagian hidup saprofit, sebagaian lagi mengganggu pohon-pohon hutan, pohon pelindung, dan kayu bangunan. Termasuk famili ini adalah jamur dari genus Poria, Polyporus, Fomex, Lenzites, Dacdalia, Irpex, dan Ganoderma. Hampir semua jamur itu tak bisa dimakan, karena pahit atau berkayu.
Dalam taksonomi Ganoderma lucidum dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
Kerajaan          : Fungi
Filum               : Basidiomycota
Kelas               : Agaricomycetes
Ordo                : Polyporales                                                       
Famili              : Ganodermataceae
Genus              : Ganoderma
Spesies            : Ganoderma  lucidum
Ganoderma lucidum merupakan salah satu jamur yang paling indah di dunia. Ketika masih sangat muda dengan pernis permukaan cina merah, kuning cerah, dan putih. Kemudian putih dan warna kuning menghilang, tapi hasil pernis, kemerahan pada permukaan cokelat kemerahan masih sangat indah dan khas. Jamur ini tumbuh liar di hutan pada batang kayu mati maupun hidup, sekarang jamur ini telah banyak dibudidayakan. Badan buah bertangkai panjang yang tumbuh lurus ke atas, berbentuk setengah lingkaran, diameter 10-35 cm. pada badan buah terhdapat garis-garis melingkar yang merupakan batas periode pertumbuhan, tepi berombak atau berlekuk, pada sisi atas terdapat lipatan-lipatan radier, warna coklat merah keunguan, mengkilap seperti lak,  konsisestensinya keras dan alot. Umumnya beberapa tahun dengan setiap tahun membentuk lapisan-lapisan himenofora baru. Banyk ditemukan di Cina, Jepang, dan Indonesia (jamur kayu).
Secara umum mamfaat dari jamur GanodermalLucidium diantaranya yaitu untuk  :
·         memelihara kesehatan
·         memperbaiki dan melindungi sistem peredaran darah
·         menstabilkan tekanan darah dan memperbaiki fungsi jantung
·         menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol jahat
·         melindungi lever / hati dan menawarkan racun
·         mengurangi kadar gula dalam darah dan memelihara fungsi pankreas
·         mencegah proses penuaan dini / meremajakan dan mempercantik kulit tubuh
·         anti alergi dan keradangan
·         memperkuat fungsi kekebalan tubuh
·         sebagai tonik otak ( otak lebih berkembang jika disuplai dengan oksigen yang optimal )
·         mengatur sistem sekresi dalam tubuh
·         meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan dan menjinakkan sel kanker / tumor, serta mencegah efek samping dari kemoterapi dan tindakan medis dengan radiasi
Jamur Merah atau Ganoderma Lucidium ialah nama saintifik bagi Ling Zhi. Ganoderma dalam bahasa Cina dikenali sebagai Ling Zhi atau Reishi dalam bahasa Jepang. Ganoderma Lucidium merupakan sejenis cendawan daripada famili Polyoraceae. Ganoderma Lucidium merupakan jamur kayu yang konon sudah ribuan tahun diketahui memiliki khasiat obat. Mulai dari batuk hingga kanker bisa mencapai 2.000ppm dan polisakarida. Kedua unsur ini diyakini sebagai zat ajaib penangkal pebagai penyakit. Menurut Sistem Pengklasifikasi Fungsi Ainsworth {1973}, Ganoderma Lucidium tergolong dalam Basidiomycotina, Hymenomycetes, Holobasidiomycetiddae, Aphyllophorales atau Polyporals. Ganodermatacea Ganoderma. Genus cendawan ini ialah Ganoderma dan selain spesies Lucidium, terdapat beberapa spesies lain dari genus ini Contohnya Ganoderma Lucudium (merah), Ganoderma Applanatum (perang), Ganoderma Tsugae (merah), Ganoderma Sinense (unggu), Ganoderma Oregonense (perang tua).
KANDUNGAN KIMIA DAN NILAI PEROBATAN
Di dalam teori perobatan tradisional cina, Ganoderma adalah antara kumpulan teratas. Ganoderma dapat memelihara kesehatan keseluruhan, awet muda dan Ganoderma tidak meninggalkan efek samping walaupun diambil untuk jangka masa yang panjang. Penyelidikan perobatan modern turut membuktikan bahwa Ganoderma bukan penawar segala penyakit, tetapi peranan utamanya adalah untuk membantu memulihkan fungsi organ dalam badan yang hilang keseimbangan, seolah-olah Ganoderma dapat menyembuhkan pebagai jenis penyakit.
Tubuh Ganoderma lucidum mengandung lebih dari 200 senyawa aktif yang dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama, yakni 30% senyawa larut dalam air, 65% senyawa larut dalam pelarut organik, dan 5% senyawa volatil. Polisakarida dan germanium organik merupakan senyawa larut dalam air. Adenosin dan terpenoid adalah senyawa yang larut dalam pelarut organik, sedangkan asam ganoderat termasuk senyawa volatil.
Secara rinci kandungan nutrisi, Vitamin dan mineral yang ada pada jamur Ganoderma lucidum yaitu :
Kandungan Nutrisi Ganoderma lucidum
Nutrisi
Jumlah(%)
43
26.4
4.5
19.0
6.9
Kandungan Mineral dan Vitamin Ganoderma lucidum
Komponen
Jumlah(mg/100 g bahan)
4,150
3,590
1,030
832
735
82,6
61,90
Vitamin B2
17,10
Vitamin B1
3,49
Vitamin B6
0,71
Melalui Analisis Saintifik Modern, Terdapat 200 Elemen Aktif Di Dalam Ganoderma.      
1.      Triterpenoids: dapat membantu untuk meningkatkan sistem peredaran darah,      mengurangi kadar kolesterol dan lemak neutral di dalam tubuh. ganoderma juga efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, membuang bahan toksik dan lain-lain.
2.      Adenosin: Tahap kolestrol rendah dan kurang lemak. Melancarkan peredaran darah, membantu metabolisme dan menjaga kesehatan tubuh serta menambah energi daalm tubuh sehigga kita bertenaga.
3.      Asam Ganoderik : mempertahankan keawetan organ-organ tubuh dari kerja rutin sehingga kita tetap akan awet muda dan energik.
Gambar. Asam Ganoderik
4.       Polisakarida: Membantu membersihkan toksin yang ada didalam tubuh, mempercepat daya pemulihan tubuh sehabis sakit, menganti sel-sel yang rusak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) serta memelihara kesehatan keseluruhan bagian tubuh.
Secara lebih rinci terdapat berbagai khasiat dari senyawa-aenyawa yang terkandung dalam jamur Jamur Ling Zhi (Ganoderma lucidum), yaitu :
Polisakarida, yang berkhasiat :
·         meningkatkan penyembuhan secara natural
·         memperkuat sistem kekebalan tubuh
·         mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal dan mengontrol perkembangannya
·         mengurangi kadar gula dalam darah dan memelihara fungsi pankreas
·         mencegah kerusakan jaringan sel tisue dan mencegah kerusakan organ bagian dalam
·         membersihkan toksin dalam tubuh ( detoksifikasi )
·         menguatkan membran sel
Germanium Organik, yang berkhasiat :
·         merangsang metabolisme sel dan melindungi sel dari oksidan-oksidan
·         meningkatkan penyerapan oksigen dalam darah dan memberi sel dengan oksigen yang mencukupi untuk memberantas pembiakan sel kanker / tumor
·         sebagai tonik otak
·         mengatur keseimbangan fungsi elektrik dalam tubuh
·         memindahkan elektrik tidak normal yang ditemukan di sekitar pembengkakan
·         memperkuat sirkulasi darah dan menstabilkan tekanan darah
Adenosin, yang berkhasiat :
·         meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme untuk keremajaan dan energik
·         menurunkan kadar kolesterol dan lemak darah dalam tubuh
·         menurunkan kadar lipid dalam darah dan menstabilkan membran sel darah merah
·         menurunkan kadar penggumpalan thrombogenesis
·         meningkatkan fungsi saluran kelenjar adrenalin untuk menjaga keseimbangan endokrin
·         menyeimbangkan PH darah
Triterpenoid, atau asam Ling Zhi, adalah sumber rasa pahit dalam Ling Zhi yang berkhasiat :
·         meningkatkan sistem pencernaan
·         melindungi hati / lever dan memperkuat fungsi lever
·         anti alergi dan keradangan, sebab triterpenoid mencegah keluarnya inti sel
·         mengaktifkan inti sel dalam tubuh
·         menurunkan kolesterol dan menstabilkan lemak dalam tubuh
Kandungan Germanium Organik pada Ling Zhi antara 800 – 2000 ppm, berarti mengalahkan ginseng ( GE nya 250 – 320 ppm ) yang selama ini populer di masyarakat sebagai obat unggul. Bahkan bila dibandingkan dengan bawang putih yang memiliki 754 ppm, ginseng juga masih dibawahnya. Dalam tubuh, germanium organik berfungsi untuk meningkatkan penyerapan oksigen dalam darah sampai 1,5 kali lebih banyak dari biasanya sehingga dapat dimanfaatkan secara baik untuk proses oksidasi bahan makanan menjadi komponen kehidupan, dan dapat memperlancar sirkulasi peredaran darah serta menjaga dan membantu kerja jantung agar tetap normal. Bukan itu saja, setelah 20 jam mengkonsumsi Ling Zhi, logam berat yang terdapat dalam jaringan tubuh akan diikat dan dikeluarkan / dibuang.       
Telah dikenal pasti bahwa Ganoderma ini dapat mengobati kebanyakan penyakit repiratori seperti asma kronik, bronkitis dan masalah sinus. Satu penelitian telah di lakukan di China pada tahun 1970-an, di mana 2000 orang yang menderita penyakit bronkitis diberi sirap Ling Zhi dalam bentuk pil selama dua minggu. Hasil yang diperoleh ialah 60 - 90% menunjukkan pemulihan penyakit tersebut termasuk selera makan bertambah baik. Pengujian yang dilakukan di Jepang juga menunjukkan pemulihan 50 - 90%. Pada umumnya, Ling Zhi dipercayai dapat mengatasi masalah kesehatan seperti kolestrol yang tinggi, insomnia, diabetes, masalah hati, arthiris dan menurunkan panas badan. Walaupun Ling Zhi telah digunakan sebanyak 300 kali dalam dos yang direkomendasikan tetapi kesan toksik masih tidak dapat diperhatikan. Mengkonsumsi Ling Zhi pada permulaannya akan menyebabkan rasa pusing, ngilu, merah-merah pada kulit, cirit-birit atau sembelit. Ini merupakan tanda bahwa toksin telah dibersihkan dari badan. Apabila semua toksin dibersihkan dari badan, keadaan tersebut akan pulih kembali seperti semula.
Ganoderma lucidum mengandung polisakarida, terpenoid, asam ganoderik, germanium, protein, adenosin, dan serat. Bahan-bahan tersebut secara keseluruhan bersifat anti tumor, meningkatkan oksigen dalam otak, menyeimbangkan fungsi bioelektrik, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolestrol, menghilangkan racun, menghaluskan kulit, dan lain sebagainya. Obat Ganoderma selain dapat menyembuhkan penyakit seperti kencing manis, stroke, hipertensi, obat ini dapat pula digunakan sebagai tonik dan obat awet muda.
Ganoderma lucidum  merupakan sejenis obat kesehatan tradisional Cina yang sangat bermutu. Didalam kitab "Pen Zhao" Lucidum dinamakan sebagai "Obat Dewa". Bahan-bahan yang terkandung didalam Lucidum terdiri dari gula lucidum, asam lucidum, mengandung 17 amino yang terdapat pada tumbuhan, berbagai macam vitamin yang terdapat pada tumbuhan , berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Spora Lucidum mempunyai khasiat yang tinggi mencapai 80 kali lipat. Bisa mengaktifkan sel-sel didalam tubuh kita. Didalam Ganoderma Lucidum mempunyai kandungan triterpenoit dan polysacrida yang berfungsi membungkus dan mengeluarkan sel kanker dalam tubuh kita, menggabungkan protein dan asam yang ada dalam tubuh kita. Bisa menyembuhkan luka bagi orang yang menjalankan operasi atau orang yang menderita penyakit kanker yang sedang menjalankan kemoterapi, sehingga setelah menjalankan kemoterapi tidak terjadi gejala muntah, kerontokan rambut, sakit, kekurangan sel darah putih, atau timbulnya racun di dalam tubuh. Bisa mengobati lemah saraf, infeksi paru-paru, asma dan alergi.
Kemampuan Ganoderma lucidum  memperbaiki sirkulasi darah ikut meningkatkan kandungan oksigen dalam sel. Kadar oksigen tinggi dalam sel membuat sel-sel kanker mati. Demikian juga kemampuannya membersihkan racun, membuat sel kanker kehilangan sarana utama untuk hidup dan berkembang.
Selain kemampuan antikanker , lingzhi sangat dikenal untuk menormalkan tekanan darah –tinggi maupun rendah–, mencegah stroke, antioksidan, antinyeri, antiradang, antivirus, antijamur, antialergi, menurunkan kadar lemak, kolesterol, gula darah, menyembuhkan bronkhitis, hepatitis, menekan efek samping kemoterapi/radiasi, dan masih banyak lagi. Kemampuannya menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, tak lain disebabkan daya adaptogennya, yaitu dengan menormalkan semua fungsi tubuh yang terganggu.
Germanium (Ge) adalah mineral yang memiliki manfaat luas dalam bentuk GeO yang terdapat dalam Lingzhi. Sejalan dengan peningkatan manfaat bahan alami untuk kesehatan dan kebugaran GeO dalam Lingzhi memiliki manfaat yang luas untuk memelihara dan meningkatkan kesegaran tubuh dan meningkatkan metabolisme, membersihkan darah, memperbaiki dan meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan vitalitas dan tetap awet muda.
Germanium lucidum tercatat sebagai salah satu tumbuhan yang mengandung GeO tertinggi yaitu sekitar 800 - 2000 ppm di dalam buah dan 6000 ppm dalam miselia atau serat dan mengalahkan ginseng (GeO 250 - 320) yang selama ini populer sebagai obat unggulan. Bahkan dibanding dengan bawang putih yang memiliki 754 ppm, ginseng masih di bawahnya.
GeO sangat mudah bereaksi dengan hydrogen yang berperan dalam pengikatan oksigen sehingga oksigen tinggal di dalam tubuh 1,5 kali lebih banyak dari biasanya sehingga dapat dimanfaatkan secara baik untuk proses oksidasi bahan makanan sehingga menjadi komponen kehidupan dan dapat memperlancar sirkulasi pembuluh darah serta menjaga dan membantu kerja jantung agar tetap normal.
Kandungan kimia Germanium lucidum yaitu Girgosterol, coumarin, fungal lysozyme, asam protease, protein yang larut dalam air, asam amino, polipeptidase, polisakarida, dan beberapa mineral seperti natrium, kalsium, germanium organic (Ge), seng (Zn), cooper (Co), dan mangan.
GANODERMA DI INDONESIA
Ganoderma termasuk salah satu jamur kayu yang telah lama diketahui bentuknya di Indonesia. Namun jenis Ganoderma baru diteliti di Kebun Raya Bogor pada tahun 1993. Pada tahun 1997, telah diketahui terdapat 21 jenis Ganoderma di Indonesia seperti yang dinyatakan di bawah:
G. Australe G. Mastosporum G. Asperulatum
G. Applanatum G. Amboinense G. Bruggemanii
G. Chlalceum G. Dejongii G. Dankii
G. Hoehlenianum G. Leytense G. Petchii
G. Philipii G. Torpium G. Trulla
G. Subtornicatum G. Subresinosum G. Trulliforme
G. Vanheurnii G. Weberianum G. Williamsianum
Di Indonesia Ganoderma ini banyak dijumpai di Jawa( Kebun Raya Bogor, Gunung Gede, Kabupaten Garut ), Riau , Pergununggan Kerinci, Bali, Lombok dan Sumbawa. Ganoderma dapat ditemui mulai dari ketinggian 300m daripada hingga dataran tinggi.

SYARAT TUMBUH
Jamur dapat tumbuh dan berkembang dengan baik kalau lingkungan dan syarat tumbuh terpenuhi. Kondisi lingkungan yang baik mempengaruhi pertumbuhan, miselium dan tubuh buah. Herbalis akan memperoleh jamur berkualitas tinggi. Wilayah yang cocok untuk pertumbuhan kelapa sawit, juga cocok untuk ling zhi. Kelapa sawit dapat tumbuh baik di daerah antara 15o LU dan 15oLS. Curah hujan rata-rata 2.000 – 2.500mm/tahun. Lama penyinaran matahari optimal 5 – 7 jam per hari. Suhu harian 25oC – 30oC. Kelembapan udara 80% – 90%. Ketinggian mulai dari dataran rendah sampai 500 m dpl.
Ling zhi dapat dibudidayakan dari dataran rendah sampai pada ketinggian 600m dpl. Sampai pada ketinggian 1.000m dpl pun ling zhi masih dapat tumbuh baik, tapi umur panen lebih panjang Sifat ling zhi lebih mendekati jamur kuping (Auricularia sp.) dibandingkan jamur tiram (Pleuretus sp.). Dengan demikian suhu dan kelembapan udara yang diperlukan hampir serupa, suhu lingkungan 15oC – 28oC dan kelembaban 80%-95%. Lingzhi paling ideal dikembangkan di daerah dengan suhu ideal 24oC30oC, kelembapan 80%– 90%. Ketinggian tempat 400 m– 600 m dpl. Untuk bahan obat sebaiknya ling zhi ditanam di lokasi yang benar-benar ideal. Manipulasi suhu dan kelembapan sebaiknya dihindarkan.

BUDIDAYA GANODERMA
Ganoderma lucidum alias ling zhi sebenarnya benalu. Salah satu hama tanaman, Budidaya Ganoderma sebaiknya hati-hati. Dilakukan di tempat tertutup, agar sporanya tidak tersebar dan mencemari tanaman. Yang dibudidayakan di Indonesia ling zhi merah Ganoderma lucidum, sifatnya bandel, tahan kering. Ceroboh sedikit, fatal akibatnya.  Ling zhi sebagai bahan obat, mula-mula diperoleh dari pengumpulan jamur liar yang tumbuh di alam.
Dalam membudidayakan Ganoderma lucidum membutuhkan sarana berupa kumbung (rumah tanam), bahan dan alat penanaman jamur. Kumbung dibangun permanen. Besar kecilnya bangunan tergantung dari banyaknya produksi. Di dalam kumbung terdapat rak-rak untuk penempatan baglog (kantung berisi media tanam) jamur. Rak sederhana dapat dibuat dengan bahan dari bambu. Sarana kerja  berupa ruang laboratorium, thermometer glass (alkohol)100oC, kertas lakmus, pinset, lampu, drum pasterurisasi, dapur, kantung plastik, dan kumbung (rumah jamur). Laboratorium diperlukan untuk mengamati kemurnian spesies/ strain jamur yang dibudidayakan, mengamati jenis hama/penyakit jamur, dan kegiatan penelitian. Di tempat inilah peralatan-peralatan kecil seperti termometer, kertas lakmus, pinset, zat kimia, starter, dan bibit induk jamur ditempatkan.
Kumbung dan rak pemeliharaan jamur terbuat dari kayu atau bambu.Dengan ukuran 3m x 1m, rak bisa dibuat 3—4 tingkat. Per tingkat setinggi 60cm – 75cm. Kalau rak susun dibuat 3 tingkat akan diperoleh luas tanam 9m2 per rak. Kalau per m2 dapat memuat 60—70 baglog ukuran 1,1 kg, maka satu rak menampung 180 – 210 baglog.
Adapun langkah-langkah dalam pembudidayaan jamur Ganoderma lucidum yaitu sebagai berikut:
  • Persiapan Bahan Tanam
Bahan tanam jamur ling zhi serbuk gergaji. Serbuk kayu albasia sangat baik untuk media tanam, karena mudah lapuk.   Bahan serbuk gergaji kering. Kalau belum kering sebaiknya dijemur dulu untuk mempercepat pelapukan. Sebagai media tanam jamur, serbuk gergaji ditingkatkan mutunya dengan bahan tambahan berupa dedak halus, tepung jagung, polard (dedak gandum), kapur (CaCO3), gips, TSP, dan bahan tambahan lainnya. Serbuk gergaji diayak untuk memisahkan serpihan lembut dari potongan-potongan kayu yang besar. Ukuran serbuk pun menjadi lebih seragam. Kalau serbuk gergaji tidak diayak dulu, pertumbuhan miselium nanti tidak bisa seragam.
Serbuk gergaji dicampur dengan bahan-bahan lain. Bahan-bahan ditimbang sesuai kebutuhan, kemudian dicampur ke dalam serbuk gergaji sampai rata.
Bahan yang sudah tercampur homogen disiram dan diaduk dengan air. Pemberian air secukupnya saja, tidak terlalu basah atau kering. Indikatornya, kalau serbuk gergaji dikepal tidak menggumpal tetapi air tidak sampai menetes. Untuk 100kg serbukgergaji kering biasanya diperlukan dua ember air.
  • Pengomposan
Pengomposan dilakukan dengan cara menutup seluruh bagian kompos dengan plastik atau karung goni. Itu kalau proses pembuatannya dikerjakan di atas lantai. Bisa juga bahan itu dimasukkan dalam karung goni atau Ketika difermentasi selama 2 - 5 hari, bahan media tanam dibalik 3 - 4 kali. Lama periode pengomposan tergantung bahan serbuk gergaji yang digunakan. Lamanya 2 – 5 hari, rata-rata selama 3 hari (72 jam). Selamaproses pengomposan, tumpukan bahan dibalik 3 – 4 kali.
  • Pemadatan media tanam
Media tanam yang sudah dikomposkan dimasukkan ke dalam kantung plastik polipropilen (PP) tahan panas. Pengisian harus diselesaikan secepatmungkin untuk meminimalkan pendinginan.
Media tanam dalam kantung dipadatkan dengan tongkat bambu, atau dipres dengan
mesin pengepres. Kantung diisi sekitar 3/4 bagian saja. Kemudian plastiknya dilipat dan diikat karet gelang. Agar membentuk leher botol, plastik bagian atas yang dilipat dan diikat dengan gelang karet ditutup kapas dan diberi ring dari potongan bambu atau pipaPVC.
  • Pasteurisasi
Segera setelah pengisian selesai, kompos disterilkan lewat pasteurisasi. Pasteurisasi dilakukan dengan perebusanatau pengukusan. Pasteurisasi secara sederhana dilakukan dengan menggunakan drum bekas minyak tanah yang sudah diberi sarang. Sarang berfungsi memisahkan air dan media tanam. Pasteurisasi berlangsung pada suhu 80oC – 90oC selama 8 jam. Proses ini sudah dapat mematikan mikroorganisme, hama, dan cendawan pesaing. Setelah pasteurisasi, kompos dibiarkan dingin secara perlahan-lahan.
Pendinginan media yang telah dipasteurisasi dilakukan selama 1—3 hari sampai mencapai suhu alam sebelum dilakukan inokulasi.
  • Penanaman bibit
Inokulasi atau penanaman bibit dilakukan dengan cara menularkan bibit di permukaan media tanam. Bibit ditanam ketika suhu kompos sudah mendingin antara 27oC – 38oC. Di bawah suhu 26oC tidak baik untuk pertumbuhan bibit dan miseliun jamur, karena dapat penunda pertumbuhan. Di atas suhu 39oC miselium tidak berkembang, karena mati. Banyaknya inokulum yang ditanamkan ke dalam kantong plastik sekitar 50gram perkantung. Satu kantung bibit rata-rata berbobot 1.100gram. Bibit yang dipakai untuk menginokulasi bahan tanam diperlukan 3—5 kantung untuk setiap meter persegi luas tanam. Untuk luas satu meter persegi, bahan tanamnya bisa mencapai 60 – 70 baglog berbobot 1.100gram. Inokulasi dilakukan di ruang inokulan, yaitu ruang tertutupyang sudah disucihamakan. Ruangannya mirip ruang laboratorium, tapi lebih sederhana. Setelah diberi inokulan (bibit), media ditutup kembali secepatnya. Jangan sampai media tanam yang sudah steril terlalu lama terkena udara luar. Mulut plastik ditutup kapas, dipasang ring, atau diikat karet gelang.
  • Inkubasi
Inkubasi atau pemeraman dengan menempatkan baglog pada permukaan rak. Baglog disusun dengan cara bertumpuk. Mulut baglog mengarah ke luar rak, atau diatur berbaris dengan mulut mengarah ke atas. Keadaan ruangan inkubasi harus diatur  Aliran udara di dalam ruangan cukup sempurna, agar kecukupan oksigen. Kondisi suhu stabil antara 240C – 280C. Kelembaban terjaga antara 80%-90%. Ada lubang hawa pada dinding kumbung yang memungkinkan udara segar dan cahaya bisa masuk. Cahaya di dalam ruang sekitar 500 lux. Persyaratan tumbuh perlu dipenuhi. Sewaktu inkubasi berlangsung, pemelihara harus aktif memeriksa dan menyeleksi baglog yang dipelihara Baglog terpilih tetap ditempatkan di rak tanam. Yang tidak terpilih dikeluarkan. Umur 40 – 60 hari setelah inokulasi, permukaan bidang media tanam biasanya sudah putih..
  • Perawatan tanaman
Baglog yang sudah putih rata dan dibuka ring penutupnya dipelihara di ruang tanam. Tempat pemeliharaan itu berupa kumbung yang dilengkapi rak-rak penempatan baglog.Untuk menumbuhkan tubuh buah, cincin dan tutup baglog dibuka. Kapas dan cincin penutupnya dibuang Kantung plastik koyak dibuatnya. Kapas harus dibuang. Dengan membuang kapas penutupnya, hasil jamur menjadi lebih bersih. Pemeliharaan baglog pada Ganoderma lucidum dilakukan dengan mengontrol suhu dan kelembaban di sekitar ruangan pertumbuhan dan media tanam. Caranya dengan melakukan penyiraman rutin satu kali sehari. Penyiraman bisa dengan menggunakan hand sprayer.
  • Panen dan pascapanen
Ganoderma lucidum termasuk jamur kayu yang lambat tumbuhnya, tapi tahan cuaca kering. Sekitar lima hari sejak ring dan kapas dibuang, akan terlihat kepala jamur mulai tumbuh meninggi. Semakin hari kepala jamur semakin tinggi dan membentuk tangkai tudung. Permukaan tudung putih, lama-lama semakin melebar dan membesar.
Sampai umur 2 bulan permukaan tudung masih putih semua. Sekitar umur 2,5 bulan baru muncul warna merah. Panen dilakukan setelah seluruh permukaan tudung merah total. Tak ada warna putihnya sama sekali. Pada tingkat ini baglog media tanam mulai tampak kempot. Di tempat yang ideal, dibutuhkan waktu 3 bulan dari inokulasi hingga panen. Di ketinggian 1.000m dpl ke atas bisa mencapai 4 bulan atau lebih. Untuk Ganoderma lucidum tubuh buah dibiarkan tetap tumbuh sampai 2—3 bulan, sebelum dipanen sebagai bahan obat. Sekitar 4 bulan sejak baglog dibuka, seluruh proses pemeliharaan hingga panen 2—3 kali petik sudah rampung.

REFERENSI
Anonim. 2009a. Jamur Ling Zhi. http://en.wikipedia.org/wiki/Lingzhi. Diakses tanggal 23 januari 2010. Jambi
Anonim. 2009b. Ganoderma. http://gano4lifeincome.com/indo1.html. diakses tanggal 23 januari 2010. Jambi
Anonim. 2007. Jamur Kayu “ Ganoderma lucidum”. http://hawanher.blogspot.com /2007/09/jamur-kayu-ganoderma-lucidum-leyssex-fr.html. Diakses tanggal 23 januari 2010. Jambi
Evie. 2009. Ganoderma lucidum. http://elvis63.wordpress.com/. Diakses tanggal 23 Januari 2010. Jambi
Anonim. 2009d. Ganoderma lucidum. http://kebunjamur.blogspot.com /2009 /02 /ganoderma-lucidum-atau-lingzhi.html. diakses tanggal 23 januari 2010. Jambi
















TUGAS PRAKTIKUM BIOKIMIA

BUDIDAYA JAMUR KAYU ” Ganoderma lucidum

DISUSUN OLEH
SHALHA SAHPIANTI
A1C407009

ASISTEN DOSEN
MUKHSIN CHATIB
ANDRIYANTO

DOSEN PENGAMPU
Dr. APRIZAL LUKMAN, M.Si
RETNI S. BUDIARTI, S.Si, M,Si
LAMBANG UNJA EMBOSE 2









PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2010






Tidak ada komentar:

Pengikut