Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Senin, 12 Desember 2011

Ular Bisa Simpan Sperma Hingga 5 Tahun



Crotalus adamanteus, jenis ular yang bisa menyimpan sperma selama 5 tahun.
KOMPAS.com - Ular bisa menyimpan sperma hingga 5 tahun. Inilah hasil penelitian Warren Booth dari orth Carolina University.
Pendapat itu diungkapkan berdasarkan kejadian pada ular jenis Crotalus adamanteus yang dipelihara secara privat oleh sebuah keluarga mulai tahun 2005.
Pada tahun 2010, Setelah lima tahun dan tak bertemu dengan ular mana pun, secara tak terduga ular itu melahirkan 19 anakan.
Beberapa jenis ular memang bisa berkembangbiak tanpa perkawinan. Namun, ketika Booth menganalisa DNA anakan dari ular Crotalus adamanteus itu, ternyata ada beberapa DNA yang tidak dimiliki sang induk.
Ia pun berpendapat bahwa ular tersebut pernah kawin sebelum dipelihara dan bisa menyimpan sperma selama 5 tahun. Diuraikan New Scientist, Senin (24/10/2011), Sebelumnya pernah ada pendapat bahwa ular bisa menyimpan sperma seama bertahun-tahun tapi belum memiliki bukti. Analisa DNA yang dilakukan Booth menjadi bukti genetik pertama dari pendapat tersebut.
Booth menambahkan, jenis ular lain bisa menyimpan sperma dalam waktu lebih lama lagi. "Berapa lama, silahkan tebak," katanya singkat.

http://sains.kompas.com/read/2011/10/25/17313459/Ular.Bisa.Simpan.Sperma.Hingga.5.Tahun

Tidak ada komentar:

Pengikut