Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Selasa, 13 Desember 2011

Kepiting Ungu Pemanjat Pohon dari Jawa dan Nias


Hugo YorkstonKepiting berwarna ungu yang suka memanjat pohon diberi nama ilmiah Labuanium vitatum.
Spesies kepiting ungu pemanjat pohon ditemukan oleh Peter Ng dari National University of Singapore dan Peter Davie dari Queensland Museum Australia. Spesies itu didapati di empat pulau di sekitar Samudra Hindia, yakni Pulau Jawa, Nias, Nicobar, dan Christmas.
Nama spesies itu adalah Labuanium vitatum. Kepiting itu diperkirakan hanya aktif pada musim hujan, malam hari, dan selama periode bertelur pada November sampai April. Ketika aktif, jenis kepiting yang ukuran karapasnya sekitar 4 sentimeter ini bisa dijumpai di pohon tepi pantai.
Spesimen dari spesies ini sebenarnya telah dikoleksi tahun 1970-an. Namun, ilmuwan saat itu melakukan kesalahan dalam identifikasi. Spesies kepiting ungu ini dideskripsikan sebagai Sesarma oceanium yang kini disebut Labuanium rotundatum.
Ng dan Davue akhirnya mengetahui bahwa Labuanium vitatum adalah spesies kompleks, memiliki ciri yang sangat sulit dibedakan dengan spesies lain yang berdekatan. Untuk menentukan kebaruan spesies itu, ilmuwan melihat kembali spesies lain yakni Labuanium papuomalesiacum.
Pembaharuan klasifikasi dalam ilmu taksonomi adalah hal biasa. Ilmuwan secara terus-menerus mengevaluasi hasil analisis dan klasifikasi untuk melihat apakah jenis tertentu masih merepresentasikan teori tentang evolusi yang berkembang.
Hingga saat ini, jumlah ilmuwan yang mengkaji kepiting dan sejenisnya masih sedikit. Bahkan dengan sekian pembaharuan yang dilakukan, pengetahuan tentang genus Labuanium secara spesifik masih sangat terbatas.
Seperti diuraikan Quentin Wheeler, ilmuwan Institute for Species Exploration di Arizona State University, di The Guardian, Minggu (20/11/2011), hingga saat ini ada 10 spesies kepiting yang masuk genusLabuanium. Empat di antaranya terdapat di wilayah Samudra Hindia. Banyak penelitian yang masih harus dilakukan.

http://sains.kompas.com/read/2011/11/20/1733529/Kepiting.Ungu.Pemanjat.Pohon.dari.Jawa.dan.Nias

Tidak ada komentar:

Pengikut