Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Senin, 12 Desember 2011

Strategi Rusa Artik Bertahan Tetap "Cool"



Rusa Artik
Rusa artik mungkin salah satu satwa yang paling repot beradaptasi dengan iklim. Mereka memiliki bulu yang tebal untuk bertahan di kutub. Namun, saat setelah lari, rusa artik juga harus mendinginkan tubuhnya, walaupun itu di udara dingin.
Arnoldus Blix, pakar biologi artik dari University of Tromso Norwegia, dan rekannya berhasil menemukan cara bagaimana rusa artik beradaptasi untuk tetap merasa cool. Mereka memublikasikan hasilnya di The Journal of Experimental Biology.
"Anda berbusana tebal di musim dingin, dan jika Anda lari, Anda akan merasa hangat dan Anda lalu membuka jaket dan melepas topi. Rusa artik tidak bisa melakukan ini. Karenanya, kami meneliti mekanismenya," kata Blix seperti dikutip New York Times, Senin (31/10/2011).
Untuk menemukannya, Blix melatih rusa artik untuk berlari di treadmill pada suhu yang berbeda, dari 10-30 derajat celsius. Selanjutnya, mereka melihat responsnya. Blix menemukan bahwa rusa artik mulai mendinginkan tubuhnya dengan menutup mulutnya dan menghirup udara dingin dari lingkungannya.
Ini akan mendinginkan darah di sekitar saluran hidung yang lalu didistribusikan ke pembuluh darah vena. Ketika mekanisme ini belum cukup, kata Blix, rusa artik akan membuka mulutnya dan menjulurkan lidahnya bak anjing.
Cara ini akan mendinginkan darah dengan efisien dan memungkinkan mereka untuk melepaskan panas tubuh lewat mulut dengan penguapan. Nah, jika dalam kondisi kritis atau sangat kepanasan, rusa artik akan mengalirkan darah dingin dari hidung ke bagian otak.
Jurus pamungkas ini mencegah bagian otak mengalami pemanasan berlebih dan rusak. Hmm... pintar juga ya si rusa artik ini.

http://sains.kompas.com/read/2011/11/03/21431677/Strategi.Rusa.Artik.Bertahan.Tetap.Cool

Tidak ada komentar:

Pengikut