Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Selasa, 13 Desember 2011

Burung Gelatik Ternyata Bisa Berduet



Gelatik Ekor Polos (Pheugopedius euophrys)
Burung gelatik berekor polos yang hidup di Andes di pantai barat Amerika Selatan menunjukkan kemampuan yang tak dimiliki burung lain. Mereka bisa "bernyanyi" duet.
Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa sepasang gelatik jantan dan betina bisa bekerja sama menghasilkan nada dengan durasi 3-4 per detik. Suara itu terdengar seperti nyanyian. Tiap individu berusaha menanggapi apa yang dilakukan pasangannya, menyesuaikan waktu dan nada sehingga menghasilkan melodi apik.
Eric Fortune, pakar ilmu syaraf dari John Hopkins University yang melakukan penelitian itu, mengatakan bahwa ritme duet antara dua gelatik menyerupai tarian manusia. Dalam publikasinya di jurnal Science, ia mengatakan bahwa berdasarkan hasil pindai otak, gelatik terus belajar layaknya manusia belajar koreografi. Gelatik bisa mengingat keseluruhan "lagu" yang dinyanyikan, bukan hanya bagian-bagian "lagu" itu.
Dalam dunia gelatik, betina selalu memimpin dalam bernyanyi. Betina menyanyikan melodi-melodi dasar yang kemudian dilengkapi dengan melodi yang lebih variatif oleh burung jantan.
Peneliti menilai bahwa betina memanfaatkan nyanyian untuk memilih pasangan yang tepat dalam bereproduksi. Ketika betina sedang sendirian, maka ia akan menyanyikan penuh semua bagian "lagu" dengan keras.
Tapi tak demikian dengan jantan. Mereka membuat lebih banyak kesalahan ketika berduet dan dalam "berlatih". Burung-burung jantan ini pun lebih malu-malu.

http://sains.kompas.com/read/2011/11/09/1903329/Burung.Gelatik.Ternyata.Bisa.Berduet

Tidak ada komentar:

Pengikut