Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Senin, 12 Desember 2011

Harimau Masuk Pemukiman, Warga Resah


WWF INDONESIA/PHKADua dari 12 individu harimau Sumatera yang terakam kamera otomatis yang dipasang WWF dan PHKA di Bukit Tigapuluh, Jambi.
Warga Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu resah karena seekor harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrea) masih berkeliaran di sekitar desa itu.
"Kami masih resah dan takut ke kebun atau beraktivitas di luar rumah sebab harimau sudah sering terlihat oleh warga tapi belum ditangkap," kata Nurwandi, warga setempat, Sabtu (19/11/2011).
Ia mengatakan keresahan warga bertambah sejak sebelumnya harimau yang sudah berulangkali terlihat di pemukiman tersebut telah menyerang seorang anak berusia lima tahun hingga tewas. Penyerangan terhadap anak warga Desa Tebat Monok tersebut terjadi di dalam kawasan hutan dimana orangtua anak itu berkebun di Bukit Dendan yang masih masuk kawasan Hutan Lindung Bukit Daun.
"Setelah itu beberapa warga sudah menyaksikan langsung harimau itu masuk ke sekitar pemukiman bahkan melintas di jalan dan berhasil memangsa sejumlah ternak warga," tambahnya. Ia mengharapkan pihak berwenang dapat mengusir harimau tersebut ke dalam hutan atau melakukan evakuasi sehingga warga dapat tenang menjalankan aktivitas.
Sebelumnya Kepala Bagian Tata Usaha Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, Supartono mengatakan jika sudah memasuki perkampungan warga, evakuasi harimau memungkinkan dilakukan.
"Tapi kalau konflik berada di dalam hutan, proses penangkapan harimau tidak akan dilakukan karena kawasan hutan merupakan habitatnya," jelasnya.
Ia menambahkan, "Laporan tentang ternak warga yang dimangsa belum kami cek ke lapangan, tapi tim akan kembali turun ke Kepahiang untuk menyelidiki lokasi dan tanda keberadaan harimau."

http://sains.kompas.com/read/2011/11/20/2335326/Harimau.Masuk.Pemukiman.Warga.Resah

Tidak ada komentar:

Pengikut