Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Senin, 12 Desember 2011

Enam Jenis Tumbuhan Menginvasi TN Wasur Merauke


KOMPAS/EDDY HASBYWarga Rawa Biru, Merauke, Papua, Minggu (10/4/2011), menarik busur panah saat berburu di sebuah kawasan hutan yang terletak tidak jauh dari garis perbatasan negara RI-Papua Niugini.
Ada enam jenis tumbuhan yang menginvasi Taman Nasional Wasur, Merauke, Papua, yang berdampak perubahan keanekaragaman hayati. Secara tidak langsung, struktur dan komposisi ekosistem di taman nasional ini ikut berubah.
Demikian disampaikan Sarah Yuliana, peneliti dari Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Manokwari, dalam ekspos hasil-hasil penelitian BPK, Selasa (29/11). Enam jenis tumbuhan invasif yang berkembang di TN Wasur adalah Melaleuca spp, Mimosa pigra, Corex spp, Stachytarpheta spp, Hanguana malayana, dan Phragmites karka.
Menurutnya, penyebaran tumbuhan invasif ini dipicu ketiadaan musuh alami; toleransi alam yang luas atau adaptif terhadap cuaca ekstrem; dominan menyerap air dan unsur hara; serta jenis tanaman yang mengeluarkan racun yang mematikan tanaman di sekitarnya. Tanaman invasif ini tumbuh di sekitar sungai utama, cepat menyebar yang dibantu kondisi alamnya.
TN Wasur rentan dengan tumbuhan invasif karena lahannya cenderung basah dan tergenang sepanjang tahun. Kondisi tanah rawa yang mengendapkan segala material dan membuka penyebaran tumbuhan invasif lebih luas.
"Ada jenis yang asalnya jauh, yakni dari daerah Semenanjung Malaya yang menyebar dengan mudah di daerah tergenang," kata Sarah. Invasi ini mencakup tahapan migrasi, eksistensi, dan kompetisi tumbuhan itu.
Selain menambah keragaman hayati, tumbuhan invasif mengubah komposisi ekosistem di TN Wasur. Invasi tumbuhan ini berpotensi mematikan tanaman asli, tapi belum terukur dalam penelitian yang dikerjakan oleh Sarah dan Aji Winara.

http://sains.kompas.com/read/2011/11/29/14364791/Enam.Jenis.Tumbuhan.Menginvasi.TN.Wasur.Merauke

Tidak ada komentar:

Pengikut