Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Senin, 12 Desember 2011

Spesies Siput Bercangkang Transparan Ditemukan



Canella RadeaDaphniola eptalophos punya keunikan karena ukuran cangkang, pigmentasi tubuh dan corak penis.
Canella Radea, ilmuwan dari University of Athens, menemukan spesies baru siput di gunung Parnassos, Yunani tengah. Hasil penemuan dipublikasikan di jurnal Zookeys. Spesies siput baru tersebut bernama Daphniola eptalophos.
Seperti diberitakan RedOrbit, Rabu (2/11/2011) lalu, Daphniola eptalophos punya keunikan karena ukuran cangkang, pigmentasi tubuh, dan corak penis. Diketahui, spesies itu memiliki cangkang kerucut dengan pola melingkar dan berwarna transparan. Tubuh lunaknya berpigmen coklat kehitaman dan penisnya berwarna hitam dengan bagian pangkal tak berwarna.
Siput yang masuk genus Daphniola ialah hewan endemik Yunani. Dua dari tiga spesies di genus ini masuk dalam kategori "terancam" dalam daftar hewan terancam International Union for Conservation of Nature (IUCN).
Daphniola eptalophos sendiri hanya bisa dijumpai pada musim semi, dan populasinya kian menurun. Spesies moluska air tawar ini terancam karena urbanisasi, polusi, akumulasi limbah, wisata, dan pertanian. Langkah konservasi dibutuhkan untuk melindungi spesies ini.

http://sains.kompas.com/read/2011/11/04/14075615/Spesies.Siput.Bercangkang.Transparan.Ditemukan

Tidak ada komentar:

Pengikut