Bhima Fish (Tolong dikasih makan donk)

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Senin, 12 Desember 2011

Inilah Kabupaten Pemenang Menuju Indonesia Hijau


Dalam peringatan hari Puspa dan Satwa Nasional, Rabu (16/11) di Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup mengumumkan para pemenang Menuju Indonesia Hijau. Penghargaan Raksaniyata 2011 ini diberikan kepada Kabupaten Kolaka (Sulawesi Tenggara), Kabupaten Deliserdang (Sumatera Utara), Kabupaten Buleleng (Bali), Kabupaten Lampung Barat (Lampung), dan Kabupaten Paser (Kalimantan Timur).
Penilaian dilakukan pada Tahun 2011 ini dengan mengevaluasi kinerja terhadap 103 kabupaten, dimana terdapat 88 kabupaten yang mampu mempertahankan tutupan vegetasi berhutan pada kawasan berfungsi lindung.
Berdasarkan hasil penilaian tim verifikasi, evaluasi tim pengarah yang beranggotakan para eselon 1 kementerian/lembaga terkait dan usulan dari dewan pertimbangan penilaian yang terdiri dari Prof. Dr. Emil Salim, Ir. Djamalludin Suryo Hadikusumo, Prof. Ir. Rokhmin Dahuri, Prof. Dr. Herman Haeruman, Prof. Oekan S. Abdullah, Dr. Ir. Aca Sugandhy, M.Sc., Ismid Hadad, Ully Harry Rusady dan Deputi III KLH Ir. Arief Yuwono, MA.
Program juga diarahkan untuk mengetahui simpanan karbon (carbon stock) dari tutupan lahan dan mendukung kebijakan Presiden dalam penurunan gas rumah kaca 26 persen. Sedangkan penghargaan Piagam Raksaniyata diberikan kepada 4 kabupaten, yakni Blitar Provinsi Jawa Timur, Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bojonegoro Provinsi Jawa Timur dan Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Program Menuju Indonesia Hijau yang dicanangkan oleh Presiden. Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006 memiliki tujuan agar pemerintah daerah dapat mempertahankan atau menambah tutupan vegetasi, yang didukung oleh aspek manajemen pemerintah daerah dan peran serta masyarakat. Dalam rangka meningkatkan sinergi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota, pada tahun 2012 akan dilakukan juga penilaian kinerja terhadap pemerintah provinsi.

Tidak ada komentar:

Pengikut