Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Kamis, 15 Juli 2010

Tugas Perencanaan Pengajaran

RANGKUMAN MATERI SILABUS KELAS XII

SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

Standar Kompetensi I

Melakukan eksperimen tentang pertumbuhan tumbuhan

Kompetensi Dasar

1.1 Merencanakan eksperimen faktor eksternal tentang perumbuhan tumbuhan

Materi:

Perencanaan eksperimen tentang pertumbuhan

- Penulisan Laporan hasil penelitian

- Proses-proses pertumbuhan dan reproduksi

- Faktor-faktor pertumbuhan

1.2 Melakukan eksperimen dengan menggunakan faktor eksternal tentang pertumbuhan tumbuhan

Materi:

- Percobaan pengaruh faktor eksternal terhadap pertumbuhan tumbuhan

- Tahap-tahap percobaan, dimulai dari perencanaan, obsrvasi,pengambilan data, pengolahan data dan pengambilan kesimpulan

1.3 Menginformasikan hasil eksperimen tentang pengaruh faktor eksternal terhadap pertumbuhan tumbuhan

- Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan reproduksi seperti radiasi dan temperatur

- Metode untuk mempresentasikan hasil penelitian

Standar Kompetensi II

Memahami Pentingnya proses Metabolisme pada Organisme

Kompetensi Dasar

2.1 Menggambarkan fungsi enzim dan proses metabolisme

Materi:

- Fungsi enzim

- Sifat-sifat dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim

2.2 Menggambarkan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

Materi

- Respirasi terdiri dari 3 tahapan, yaitu glikolisis, siklus krebs dan transpor elektron

- Respirasi aerob menggunakan oksigen sebagai penerima hidrogen, sedangkan respirasi anaerob menggunakan komponen kimia seperti asam piruvat, asetil KoA, aselaldehid dll sebagai penerima elektron pada transfor elektron

- Terdapat dua tahapan reaksi dalam kloroplas yaitureaksi gelap dan reaksi terang

2.3 Menjelaskan hubungsan antara proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein

Materi:

- Hubungan antara proses metabolisme karbohidrat dan metabolisme lemak, dalam proses respirasi dialkukan untuk mrnghasilkan energi, jadi bila senyawa antara dalam proses respirasi tidak dilanjutkan ke tahapan respirasi selanjutnya mak akan disintesis menjadi lemak. Contoh dari senyawa antara tersebut adalah glyseraldehid 3 fosfat (G3P) akan disintesis menjadi gliserol.

- Hubungan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme protein. Sama seperti metabolisme lemak, badan dan materi hidup (makhluk hidup) melakukan segala proses dengan efisien. Jadi senyawa yang tidak bekerja akan dibentuk menjadi senyawaan. Senyawa antara pada siklus krebs adalah asam alfa ketoglutarat akan disintesi menjadi asam amino glutamat. Melalui reaksi deaminasi dan transaminasi membentuk asam amino

Standar Kompetensi III

Memahami Konsep Dasar dan Prinsip Hereditas dan Implikasi dalam sains, lingkunagn, teknologi dam masyarakat\

Kompetensi Dasar

3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA dan Kromosom

Materi:

- Konsep DNA, Gen, dan kromosom, DNA atau substansi genetik yant terdiri dari nukleotida yang kembar. Gen atau substansi hereditas. Kromosom adalah DNA double heliks dan protein histon

- Struktur dan fungsi DNA, RNA dan Kromosom. DNA dan RNA terdiri dari ribosa dan basa nitrogen

3.2 Menjelaskan hunungan DNA (gen)-RNA-Polipeptida dan sintesis protein

- Transkripsi DNA akan membentuk RNA, sebelum membentuk protein

- Sintesis protein terjadi melalui 2 tahp, yaitu transkripsi dan translasi

- Kode genetik adalah suatu seri basa nitrogen terdiri dari 4 macam basa nitrogen dan dapat dibentuk menjadi 20 asam amino

3.3 Menjelaskan hubungan proses fisis mitosis dan miosis

- Mitosis, terjadi di sel tubuh, jumlah kromosom induk sama dengan jumlah kromosom anak

- Miosis terjadi degan 2 tahapan, yaitu miosis I dan Miosis II dan menghasilkan 4 sel anakan dengan jumlah kromosom n

- Gametogenesis, dilakukan untuk membentuk sel gamet jantan dan betina

3.4 Materi

- Hereditas Mendel, terdiri dari 2 prinsip, yaitu mendel I dan mendel II

- Deviasi dari mendel, perbandingan fenotip tidak selalu dengan hukum mendel, karena beberapa seprti autisme, polimeri dan kriptomeri dll

- Sistem hereditas, contohnya tautan, tautan seks, pindah silang, determinasi dll

- Hereditas manusia ada 2 macam kromosom pada manusia, yaitu gonosom (kromosom x dan y) dan autosom

3.5 Materi

- Mutan dan Implikasinya, mutasi disebabkan oleh perubahan pada DNA dan kromosom

- Mutasi alami dan mutasi buatan. Mutasi alami tidak diketahui penyebabnya sedangkan mutasi buatan disebabkan radiasi sinar x, insersi DNA dll.

- Implikasi dari mutasi alami dan mutasi buatan

Standar Kompetensi IV

4.1 Materi

- Teori, prinsip dan mekanisme evolusi

- Teori evolusi, evolusi menjelaskan tentang perkembangan makhluk hidup melaui proses yang panjang dari bentuk sederhana menjadi bnetuk kompleks. Beberapa teori evolusi antara lain teori Lammarc, teori Darwin, Wallace dan Weismann

- Faktor, pedoman yang mendukumg evolusi. Fenomena evolusi menjelaskan perubahan makhluk hidup karena seleksi alam dan sifat hereditas

- Mutasi dan Evolusi, mutasi dapat menjadi faktor determinasi terjadinya evolusi

- Mekanisme evolusi, menjelaskan tetntang mutasi gen dan seleksi alam dalam populasi

4.2 Evolusi

4.3 Materi:

- Teori baru tentang evolusi

- Pendapat baru tentang evolusi dari Harunyahya dan Inteligent design

- Pendapat yang menyebutkan bahwa makhluk hidup di dunia dibuat dengan rencana yanhg sulit/kompleks dan bukannya tanpa rencana

Standar Kompetensi V

5.1 Materi

- Bioteknologi

- Pengertian dan Prinsip dasar bioteknologi, bioteknologi dikembangkan untuk meningkatkan nilai bahan dasar dengan menggunakan mikroorganisme

- Macam-macam bioteknologi

5.2 Materi:

- Peratuaran dan Implikasi dari bioteknologi

- Implikasi bioteknologi dalam sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

- Pengaruh/ dampak dari bioteknologi

RANGKUMAN MATERI SILABUS KELAS XI

SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

Sel

- Komponen kimia sel

- Struktur dan fungsi sel

- Organel sel tumbuhan

- Organel sel hewan

- Mekanisme transpor pada membran

Jaringan

- Struktur jaringan tumbuhan

- Fungsi jaringan tumbuhan

- Struktur jaringan hewan vertebrata

- Fungsi jaringan hewan vertebrata

Sistem sirkulatori

- Struktur dan fungsi tulang

- Mekanisme pergerakan oleh otot

- Penyakit dalam sistem pergerakan

- Teknologi untuk rehabilitas penyakit pada sistem pergerakan

Sistem peredaran darah

- Struktur sel darah

- Fungsi sel darah

- Jenis peredaran darah pada manusia

- Penyakit

Sistem pencernaan

- makanan

- sistem pencernaan pada manusia

- sistem pencernaan pada ruminansia

- penyakit pada sistem pencernaan

Sistem Respirasi

- Struktur alat pernapasan

- Fungsi alat pernapasan

- Mekanisme respirasi

- Respirasi pada hewan

- Penyakit

Sistem Ekskresi

- Struktur dan fungsi alat ekskresi pada manusia

- Proses ekskresi pada manusia

- Alat ekskresi hewan

- Penyakit pada sistem ekskresi

Sistem Regulasi

- Struktur dan fungsi sistem regukasi

- Proses regulasi

- Penyakit

Sistem reproduksi

- struktur dan fungsi organ reproduksi

- ovulasi

- Fertilisasi

- ASI

- Penyakit

Sistem imun

- antigen dan antibody\

- Mekanisme pertahanan tubuh

RANGKUMAN MATERI SILABUS KELAS X

SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

Ruang lingkup biologi

- Biologi sebagai ilmu pengetahuan dan posisi nya. format biologi Pengetahuan adalah mempelajari semua hal yang hidup dari permasalahannya. Biologi sebagai Bagian ilmu pengetahuan memiliki karakteristik sama seperti ilmu pengetahuan lainnya. Ruang lingkup biologi melingkupi objek biologi dan masalah nya membentuk bermacam tingkatan hidup dari organisasi ( sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer).Biologi memastikan pengembangan teknologi

- Kerja ilmiah. Di dalam biologi menggunakan metode ilmiah.

- Saintis di dalam memecahkan masalah harus mampu lakukan metode ilmiah dan bisa bersikap ilmiah.

Obyek dan masalah dalam biologi dalam berbagai organisasi kehidupan.

- Objek Biologi. Mempelajari perkembangan biologi dari makhluk hidup dengan semua permasalahannya, Mulai dari individu ( molekul, compound, sel, jaringan, organ, sistem organ), populasi, komunitas, ekosistem hingga bioma dan menemukan berbagai bagian biosfer di bumi.

- Masalah biologi dalam berbagai organisasi kehidupan.

- Masalah biologi dapat terjadi pada tahap molekul, pembentukan, jaringan, sampai bioma. Contoh pada tahap organ seperti kanker kulit, patah tulang. Pada tahap ekosistem, punahnya badak, perubahan lahan menjadi tempat untuk menempatkan suatu kelompok recicles, dll.

- Metoda ilmiah.

- Pembelajaran dan pengembangan biologi menggunakan metoda ilmiah. Saintis dalam memecahkan masalah harus mampu lakukan scientifict dan bisa bersikap ilmiah

Virus

- krakteristik virus. (struktur dan replikasi) Virus mempunyai karakteristik seperti sel, dapat mengkristal dan dapat menyerupai sel hidup.

- Replikasi virus. virus hanya dapt tumbuh pada sel atau jaringan hidup. Termasuk bakteri, jaringan embrio, hewan, tumbuhan, dan manusia.

- Proses replikasi virus terus-menerus melekat pada sel hidup yang membentuk virus baru melalui jalur lisis atau lisogenic.Peran Virus dalam kehidupan.

- Virus dapat menguntungkan manusia karena berperan sebagai vektor dalam pengendali genetik . Virus dapat merugikan manusia karena dapat menyebabkan Hepatitis, AIDS, avian influenza atau menyerang tumbuhan atau hewan

- karena Citrus Vein Phloem Desease ( CVPD) pada pohon jeruk, Tobacco Virus Mozaic ( TMV) pada tembakau and New Castle Desease ( NCD) pada chick

Archaebacteria dan Eubacteria.

karakteristik Archaebacteria dan Eubacteria.

- Organisme uniselular, prokariotik, tidak memiliki klorofil, Hidup bebas atau sebagai parasit.

- Kebutuhan Archaebacteria hidup di lingkungan ekstrim (contoh: mata air panas, kawah,gambutDinding sel tanpa peptidoglikan.

- Eubacteria adalah dapat ditemukan di banyak area. Dinding sel terdiri atas peptidoglikan.

- Reproduksi Archebacteria dan Eubacteria. Reproduksi dengan membelah diri dimana dipengaruhi oleh kondisi area, temperatur, dan lain lain

- Peran Archebacteria dan Eubacteriain dalam kehidupan. Peran bakteri dalam hidup sangat luas. pada area yang seimbang

- mempunyai peran pada siklus biogeokimia ( Nitrifikasi,Denitrifikasi, fiksasi nitrogen dekomposer), Di samping mempunyai suatu peran dalam industri makanan seperti nata decoco, yoghurt,asinan sayur, dan obat dan yang merugikan karena dapat menyebabkan disentri, penyakit kelamin, dll

- Kemampuan bakteri menyebabkan penyakit membuat salah pemahaman manusia yang tidak tanggap/ tangung jawab sebagai biologi sweapon dengan penggunaan Baksil antraxis.

Protista

- Karakteristik Protista. Protista merupakan organisme eukariot uniselular hidup soliter atau koloni.

- Protista kelas protista menyerupai animalia ( Amuba (Protozoa), protist menyerupai tumbuhan ( Ganggang) dan protist menyerupai Jamur. Protista banyak berbagai warna.

- karakteristik Protista yang Umumnya menyerupai Jamur sel ini mempunyai lebih dari satu inti, amuboid ( Myxomicotina) atau mempunyai flagel ( Oomycotina), heterotrof, produk spora, parasito

decomposer.

- karakteristik Protista yang Umumnya menyerupai tumbuhan ( Ganggang). Ganggang adalah organisme uniselular kecuali warna coklat Ganggang andred, fotosintetik, ada microskopis dan makroskopis, hidup di laut atau air tawar. Di samping khlorofil Pigmen, Ganggang mempunyai karotenoid fikosantin, dan fikoeritrin,

- karakteristik Protist yang Umumnya menyerupai hewan ( Amuba (protozoa) organisme uniselular, soliter atau koloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit, gerakan dengan pseudopodia, cilia atau flagell.

Peran protist dalam hidup.

- Peran yang diuntungkan adalah sebagai makanan dengan gizi tinggi, sebagai pengobatan/kedokteran, dan kosmetik, pupuk. peran protista] Yang merugikan adalah penyebab penyakit ( Trypanosoma, Plasmodium, Leishmania).

Jamur ( Jamur)

- Karakteristik Jamur. Jamur adalah organisma eukariotik, unisellular atau multisellular, dengan dinding sel dari glukan, mannan, dan chitin, tidak ada chlorofil, mendapatkan makanan dengan menyerap, reproduksi yang tidak berkelamin dan seksual.

- Penggolongan jamur. Jamur diklasifikasikan 4 macam,yaitu: Zygomycotina membentuk zygospora dari seksual reproduksi; Ascomycotina membentuk generatif spora di (dalam) ascus; Basidiomycotina membentuk generatif spora di (dalam) basidium dan biasanya mempunyai badan besar; Deuteromycotina membentuk vegetatif spora dan belum dikeetahui fase seksualnya Membentuk penggolongan lain terdiri atas jamuryaitu khamir ( jamur uniselular, reproduksi dengan tunas), Kapang ( jamur dengan miselium), Cendawan ( jamur dengan macroskopis)

- Jamur Reproduksi. Jamur bereproduksi dengan tunas dan spora(vegetatif dan generatif)

- Peran jamur dalam hidup. Peran jamur dalam hidup . Peran jamur adalah sebagai penyeimbang decomposer, mempunyai simbiosis dengan akar ( mikoriza) di (dalam) suplay humus.jamur penting di dalam fermentasi makanan dan obat-obatan. Jamur ( cendawan) ada yang beracun jamur Kapang memproduksi aflatoksin `Disamping jamur merupakan parasit pada tumbuhan, hewan dan manusia.

Tidak ada komentar:

Pengikut