Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Kamis, 15 Juli 2010

Contoh RPP SMP

TELAAH KURIKULUM BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

TUGAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS IX

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

OLEH

NAMA : BHIMA WIBAWA SANTOSO

NIM : A1C407003

DOSEN PENGAMPU : Dra. Hj. ASNI JAUHARI, M.si

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS JAMBI

2010

RENCANA PELAKSANNAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMP ......

Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ I

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan alam

Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar : 1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada

manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator : 1. mengetahui pengertian sistem koordinasi

2. Menyebutkan bagian organ dan/ atau organ penyusun sistem saraf pada manusia

3. Mendeskripsikan fungsi otak, sumsum tulang belakang, sel saraf dan sistem koordinasi

Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Tujuan Pembelajaran :

1. Menunjukkan bagian organ penyusun sistem saraf manusia

2. menjelaskan fungsi umum sistem saraf manusia

3. Mendeskripsikan bagian organ pada otak dan fungsinya

4. Menjelaskan sistem saraf pusat

5. Menjelaskan sistem saraf tepi

Materi Pembelajaran :

· Sel saraf

· Sistem saraf pusat

· Sstem saraf tepi

Metode Pembelajaran:

· Direct Instruction (DI)

· Cooperative learning

· Diskusi

Media/ Sumber pembelajaran:

· Gambar

· Simulasi

· Buku IPA Biologi SMP dan MTS jilid III, ESIS, halaman 56-92

Langkah Kegiatan

A. Pendahuluan (10 Menit)

Apersepsi:

Guru memberi apersepsi bahwa semua sistem organ tubuh manusia dikendalikan oleh sistem koordinasi

Prasayarat pengetahuan:

- Bagaimana sistem saraf bekerja mengimbangi organ lain pada manusia?

- Apa saja yang sistem organ terkait dengan sistem saraf?

B. Kegiatan Inti (65 Menit)

· Guru menjelaskan tentang sistem koordinasi

· Guru menjelaskan pembagian sistem saraf

· Guru menampilkan gambar sistem saraf dan otak pada manusia dengan panah petunjuk tanpa keterangan bagian-bagian

· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok seminggu sebelumnya, dan tiap kelompok yang telah ditunjuk untuk maju mengisi keterangan gambar yang masih kosong

· Peserta didik mendiskusikan jawaban yang diperintahkan guru

· Guru menunjuk beberapa murid untuk maju ke depan melakukan petunjuk yang di perintahkan guru

· Peserta didik dapat menyimpulkan simulasi yang dilakukan guru tadi

C. Kegiatan Penutup (15 menit)

· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik

· Peserta didik dan Guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari

· Guru memberikan tugas berupa latihan soal-soal

Penilaian Hasil Belajar

a. Tes Kinerja

· Siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik (skor 2)

· Siswa dapat mengisi jawaban degan benar melalui uji pemahaman (Skor 2)

· Siswa dapat menarik kesimpulan dari uji simulasi yang telah dilakukan (skor2)

· Siswa dapat merespon pelajaran dengan baik (skor 2)

· Siswa dapat merangkum inti materi keseluruhan yang telah dipelajari (skor 2)

b. Tes Tertulis

1. Apakah perbedaan antara sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi? (Skor 2)

2. Jelaskan fungsi sel saraf secara umum? (Skor 2)

3. Jelaskan bagian yang terdapat pada sel saraf? (Skor 2)

4. Jelaskan pembagian neuron berdasarkan fungsinya? (Skor 2)

5. jelaskan bagian pada otak manusia? (Skor 2)

Kunci jawaban

1. Sistem yang berfungsi sebagai pusat pengaturan disebut sisitem saraf pusat, sedangkan sistem yang menyampaikan informasi ke pusat pengtauran dan dari pusat pengaturan tubuh manusia disebut sistem saraf tepi

2. Mengatur organ-organ atau alat-alat tubuh kita agar terjadi keserasian kerja, menerima rangsangan sehingga kita dapat mengetahui dengan cepat keadaan dan perubahan yang terjadi di sekitar kita, mengendalikan dan memberikan reaksi terhadap rangsangan yang terjadi di tubuh kita.

3. Bagian pada sel saraf:

Ø Badan sel. Merupakan bagian neuron yang di dalamnya terdapat sitoplasma dan inti sel.inti sel berwarn apucat, dengan anak inti (nukleolus) yang terdapat di dalamnya

Ø Akson. Merupakan penjuluran panjang yang keluar dari badan sel. Zkson berfungsi menghantarkan rangsangan dari adan sel ke neuron yang lain

Ø Sel Schwan. Lapisan pembungkus akson

Ø Selubung Mielin. Lapisan terdapat pada sel Schwan

Ø Nodus Ranvier. Titik pada akson yang membungkus selubung mielin

4. Pembagian neuron berdasarkan fungsinya:

Ø Neuron sensorik: Menghantarkan impuls yang diterima dari reseptor ke sistem saraf pusat

Ø Neuron Motorik: Menghantarkan impuls dari sistem saraf pusat ke efektor

Ø Neuron Asosiasi: Menghubungkan neoron sensorik dan motorik

5. Bagian pada otak manusia:

Ø Otak Besar: Memiliki permukaasn yang berlipat-lipat, merupkan pusat pengaturan ingatan, kecerdasan, kesadaran dan keinginan. Otak besar merupakan sumber dari semua kegiatan atau gerakan yang kita sadari (sesuai dengan kehendak kita)

Ø Otak Tengah: Terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Bagian atas otak tengah merupakan pusat refleks mata dan pusat pendengaran.

Ø Sumsum tulang belakang: Merupakan lanjutan dari medulla oblongata. Sumsum tulang belakang terdapat di dalam rongga tulang belakang yang terletak memanjang, mulai dari ruas-ruas tulang leher sampai ruas tulang pinggang yang kedua.

Jambi, Januari 2010

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri ..... Guru Bidang Studi

NIP. .......................... NIP. ...............................

Tidak ada komentar:

Pengikut