Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Rabu, 03 Agustus 2011

Unik, Burung Gagak Bisa Berkicau

K16-11Burung Gagak milik Muhammad Romadhony, warga Kota Malang, Jawa Timur, yang bisa Berkicau 13 macam. Salah satunya bisa berkicau Allahu Akbar.
Burung gagak umumnya bersuara parau dengan bunyi kaaakkk... kaakkkk.... Namun, burung gagak milik Muhammad Romadhony (36), warga Kelurahan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, ini tergolong aneh.
Tidak sekadar berkicau, burung berwarna hitam yang diberi nama Gagak Raja itu bisa mengucapkan 13 kata, di antaranya adalah kalimat takbir "Allahu akbar".
"Selain itu, juga sering berkicau layaknya bayi menangis, meneriakkan kata asoy, assalam, dan suiiiitt kalau ada cewek lewat," kata pria yang akrab dipanggil Dhony itu.
Menurut Dhony, burung yang diyakininya sebagai gagak tersebut dibeli dari temannya di Banyuwangi. Namun, saat itu si gagak masih belum bisa berkicau. "Sejak kecil saya memang suka burung. Melihat teman punya burung itu, saya kepingin memilikinya," katanya, Sabtu (14/5/2011).
Burung itu oleh Dhony ditukar dengan mobil merek Timor miliknya. "Itu sekitar 2 tahun lalu. Kalau diuangkan seharga Rp 45 juta. Setelah dirawat, kicaunya terus bertambah. Sekarang ini sudah bisa 13 kicauan," akunya.
Apakah burung tersebut setiap harinya diajari untuk berkicau kalimat takbir? Dhony mengaku tidak pernah dengan sengaja mengajarinya mengingat gagak bukanlah burung berkicau. "Kalau burung lainnya memang diajari khusus berkicau oleh joki bunyi burung. Kalau gagak itu tidak pernah," katanya.
Mungkin kata Dhony, ia bisa berkata-kata lantaran sering mendengar kalimat takbir itu. "Ia bahkan bisa menirukan bunyi anak menangis yang mungkin meniru dari tangisan anak," akunya.
Sejak diketahui burung gagak itu bisa berkicau, banyak orang menawarnya. "Sekarang sudah ada yang menawar seharga Rp 100 juta," akunya.
Merawat burung gagak itu juga tak terlalu susah. Makanannya hanya daging ayam goreng, sayur-sayuran, dan buah-buahan. "Setiap paginya, kalau tidak dimandikan, akan ngoceh terus karena merasa gerah. Setelah dimandikan akan diam dan akan berkicau normal," kata Dhony.

http://sains.kompas.com/read/2011/05/15/12152067/Unik.Burung.Gagak.Bisa.Berkicau

Tidak ada komentar:

Pengikut