Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Rabu, 03 Agustus 2011

Gosong Sula Semakin Terancam Punah

Gosong sula (Megapodius bernsteinii).
JAKARTA, KOMPAS.com - Burung gosong sula (Megapodius bernsteinii) tahun ini mengalami peningkatan status dari Mendekati Terancam Punah (Near Threatened/NT) ke Rentan (Vulnerable). Demikian publikasi Burung Indonesia, LSM yang bergerak di bidang konservasi burung.
Dengan peningkatan status Gosong Sula, maka pada tahun 2011 ada 123 jenis burung yang masuk kategori terancam punah, meningkat dari 122 jenis pada tahun lalu. Rinciannya meliputi 18 jenis masuk dalam kategori Kritis (Critically Endangered/CR), 31 jenis masuk dalam kategori Rentan (Endangered), dan 74 jenis masuk dalam kategori Rentan. Seluruhnya masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN).
Peningkatan status Gosong Sula diakibatkan oleh populasinya yang semakin berkurang. Berdasarkan publikasi Burung Indonesia, hal itu dipicu oleh kerusakan habitat alami burung yang masuk famili Megapodiidae ini.
"Gosong sula merupakan burung yang hanya dapat ditemui di Kepulauan Banggai dan Sula, kawasan Wallacea," kata Dwi Mulyawati, Bird Conservation Officer Burung Indonesia. Di Taliabu Kepulauan Sula, hutan yang ada terus dikonversi menjadi lahan pertanian dan masyarakat setempat juga menjadikan telur dan daging gosong sula sebagai primadona bahan makanan. Akibatnya, penambahan populasi Gosong Sula pun sulit.
Dwi mengungkapkan bahwa kini jumlah Gosong Sula di alam tinggal diperkirakan tinggal 1.000 ekor. Upaya perlindungan Gosong Sula perlu dilakukan dengan memprioritaskan pada Daerah Penting bagi Burung. Namun, Dwi mengungkapkan, "Saat ini, tantangan yang dihadapi adalah tidak semua DPB berada di kawasan konservasi dan sebagian lagi tersebar di wilayah hutan alam produksi."
Gosong Sula merupakan satu di antara 1594 jenis burung yang ditemukan di Indonesia dan hampir 10.000 jenis yang ada di dunia. Burung ini merupakan penghuni habitat hutan dataran rendah dan kawasan pantai. Biasanya ia berpasangan atau bila dalam kelompok jumlahnya mencapai lima ekor. Burung berwarna coklat tua ini memanfaatkan panas bumi saat mengerami telurnya.

http://sains.kompas.com/read/2011/06/12/18451151/Gosong.Sula.Semakin.Terancam.Punah

Tidak ada komentar:

Pengikut