Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Minggu, 28 Agustus 2011

Penyu Hijau Terberkati Itu Kini Tiada


Andre, penyu hijau yang dirawat 414 hari di Loggerhead Marinelife Center akhirnya dilepasliarkan.
Andre, si penyu hijau terberkati yang berhasil selamat dari kematian, menjalani rehabilitasi di Loggerhead Marinelife Center dan akhirnya dilepas ke lautan dari pantai Florida, sekitar 3 minggu lalu, ditemukan mati.
David McClymont, presiden Loggerhead Marinelife Center, mengatakan bahwa Andre ditemukan mati pada Rabu (24/8/2011) di wilayah Hutchinson Island. Menurut McClymont, Andre bisa dikenali dari tanda yang disematkan di tubuhnya sebelum dilepaskan. Saat ditemukan mati, McClymont mengatakan bahwa kondisi Andre sangat buruk. Saking buruknya, hingga kini belum bisa diidentifikasi faktor penyebab tewasnya. Upaya identifikasi masih akan dilakukan.
"Para staff dan sukarelawan benar-benar merasa sedih," ungkap McClymont seperti dikutip AP, Kamis (25/8/2011). Bisa dipahami sebab berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan Andre dari ancaman kematian terdahulu, saat Andre ditemukan terdampar pada 25 Juni 2010 lalu.
Sedikit mengingat, saat terdampar, cangkang Andre telah berlubang akibat dua kali tabrakan dengan kapal. Lebih dari 10 kg pasir masuk ke dalam tubuhnya. Tulang belakangnya terekspos, paru-parunya tak berfungsi dengan baik dan ia pun terserang pneumonia. Untung saja sistem saraf dan sirip Andre masih bekerja saat itu.
Andre waktu itu dibawa ke pusat rehabilitasi dan mulai ditangani. Untuk menyedot cairan, digunakan sistem vacuum therapy. Sementara, teknologi yang sama dengan kawat gigi manusia dipakai untuk menutup lubang-lubang kecil pada cangkang. Teknik menumbuhkan jaringan yang digunakan untuk mengatasi penyakit hernia juga dipakai untuk menutup lubang besar pada cangkang.
Kini, semua kegigihan para staf Loggerhead Marinline Center serta sorak sorai para sukarelawan saat pelepasan seolah tenggelam karena Andre telah tiada. Andre mungkin saja hanya korban dari ganasnya alam yang baru saja dicicipinya lagi. Tapi, mungkin saja kematian Andre kali ini juga tak lepas dari peran serta manusia.
Dengan kematian Andre, satu lagi penyu hijau tiada. Ini berarti bahwa populasi penyu hijau yang kini telah masuk dalam kategori langka semakin berkurang. Langkah konservasi perlu dilakukan agar apa yang dialami Andre tak terjadi pada Andre-Andre yang lain. Bagaimana pun, menjaga lingkungan agar tetap mendukung kehidupan penyu hijau adalah hal utama.

http://sains.kompas.com/read/2011/08/26/11352373/Penyu.Hijau.Terberkati.Itu.Kini.Tiada

Tidak ada komentar:

Pengikut