Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Minggu, 28 Agustus 2011

Sperma Tikus Atasi Kemandulan


Pengobatan kemandulan pada manusia bisa jadi terinspirasi dari seekor tikus. Setidaknya, hal inilah yang tengah diteliti oleh sekelompok ilmuwan di Jepang.
Mereka menggunakan sel induk embrionik tikus untuk membantu pengobatan kemandulan pada manusia. Para ilmuwan dari Universitas Kyoto ini memindahkan sel induk dari embrio tikus, mengubahnya menjadi sel awal, lalu mengembangkannya ke dalam indung telur maupun sperma tikus.
Sel ini lalu ditransplantasikan ke testis tikus mandul. Berdasarkan hasil uji coba, tikus mandul akhirnya menghasilkan sperma yang sehat. "Setelah inseminasi, kami membuat dua set embrio yang kemudian ditransfer ke kandungan induk tikus. Nantinya akan lahir tikus yang sehat melalui reproduksi normal," ujar Mitinori Saitou, peneliti senior di Universitas Kyoto, sebagaimana dikutipNewsdaily.com, Jumat (5/8/2011).
Keberhasilan uji coba pada tikus mandul mendorong para peneliti untuk mengembangkan metode yang sama pada manusia. Dengan menggunakan sel induk manusia, mereka akan mencoba mengatasi kemandulan pada manusia. Saitou percaya bahwa sel induk manusia dewasa bisa juga dikembangkan menjadi sperma manusia.
"Bahan yang kami dapat sangat banyak. Sekarang kami akan mempercepat penelitian kami untuk mempelajari penyebab kemandulan pada manusia," ujar Saitou. (Newsdaily

Tidak ada komentar:

Pengikut