Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Minggu, 28 Agustus 2011

Simpanse Punya Sifat Dermawan


www. xinhuanet.com/Reuters
Simpanse ternyata punya sifat dermawan di antara sesamanya. Mereka lebih suka membantu daripada menjadi egois. Penemuan ini dikemukakan oleh tim ilmuwan dari Yerkes National Primate Research Center di Amerika Serikat, seperti dilansir AFP, Senin (8/8/2011).
Ilmuwan mengetahuinya setelah melakukan tes pada tujuh simpanse. Hewan primata yang memiliki ciri genetik mirip manusia itu diberi dua pilihan peraga. Satu menjamin adanya pisang untuk dua individu dan satu lagi hanya menjamin kebutuhan sendiri.
Hasilnya, ternyata simpanse lebih memilih peraga yang menjamin adanya pisang untuk bersama. Ini bukti bahwa simpanse juga mempertimbangkan kebutuhan kawannya. Hasil studi ini dipublikasikan diProceedings of the National Academy of Sciences, bulan ini.
Selain itu, ilmuwan juga menemukan bahwa simpanse lebih memiliki kepedulian jika kawannya memperingatkan keberadaan dan kebutuhannya secara halus daripada terkesan memaksa meminta bagian makanan.
"Kami sangat kagum melihat simpanse-simpanse betina menjatuhkan keputusan yang memungkinkan simpanse dan rekannya mendapatkan makanan," kata Victor Hormer, pemimpin proyek penelitian ini.
Studi ini membantah hasil penelitian ilmuwan lain yang mengatakan, simpanse adalah hewan yang egois. "Saya selalu skeptis dengan hasil negatif yang mereka peroleh dan interpretasi berlebihan yang dilakukan, " kata Frans de Wall, ilmuwan lain yang juga terlibat dalam penelitian ini.

http://sains.kompas.com/read/2011/08/10/05403597/Simpanse.Punya.Sifat.Dermawan

Tidak ada komentar:

Pengikut