Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Minggu, 28 Agustus 2011

Laba-laba Langka Dilepas ke Alam


Fritz Geller-GrimmLaba-laba Dorset (ladybird).
KOMPAS.com - Laba-laba langka asal Inggris, yang juga dikenal dengan nama "laba-laba ladybird", dikembalikan ke alamnya di Dorset, Inggris, pada Kamis (11/8/2011). Sebelumnya, laba-laba ini diperkirakan akan punah, namun penelitian terbaru mengatakan bahwa jumlah dari laba-laba ladybird mulai meningkat.
Sekitar 30 laba-laba telah dilepaskan oleh Royal Society for the Protection of Birds (RSPB) ke daerah yang kaya akan berbagai spesies. Laba-laba diletakkan dalam botol plastik kosong berisi lumut sebagai sarang sementara mereka di alam bebas.
"Mengenalkan spesies langka ke alamnya sangat menyenangkan, kami berharap spesies ini akan berkembang di kemudian hari," kata Toby Branston dari RSP.
Menurut data RSPB, pada tahun 1994, hanya tersisa satu koloni yang ada di Inggris-jumlahnya 56 laba-laba. Namun, populasi laba-laba dengan ciri warna merah dan hitam yang cerah ini, telah meningkat beberapa tahun setelahnya. Populasinya sekarang mencapai sekitar 1.000.
Walaupun jumlahnya mencapai 1000, di Dorset sendiri hanya sedikit yang tersisa, karena itu pelepasan 30 laba-laba ini diharapkan dapat memperbanyak populasinya.(National Geographic Indonesia/Arief Sujatmoko)

http://sains.kompas.com/read/2011/08/12/14493545/Laba-laba.Langka.Dilepas.ke.Alam

Tidak ada komentar:

Pengikut