Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Minggu, 28 Agustus 2011

Udang Mungil Ini Suka Makan "Rumahnya"


Zdenek DurisUdang spesies Typton carneus.
Udang kecil spesies Typton carneus tidak hanya memanfaatkan bunga karang sebagai tempat tinggalnya. Hewan yang berukuran cukup kecil dibandingkan jenis udang lainnya  itu juga suka memakan rumah mereka.
"Petunjuk pertama yang membuktikan T. carneus mengonsumsi rumahnya adalah pada capit yang dimiliki," kata Adam Petrusek, ekolog dari Charles University, Republik Ceko. Alat khusus tersebut tidak seperti capit hewan pada umumnya. "Fungsi capit pada spesies ini lebih mirip gunting," jelas Petrusek.
Bukti yang lebih kuat ditemukan setelah peneliti membuka perut udang. Para peneliti mendapati adanya jaringan tubuh milik bunga karang tersebut. “Saat udang ini lapar, mereka tinggal menggunting sedikit bagian dari sponge,” kata Petrusek dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal PLoS ONE.
Bunga karang yang jadi tempat tinggal tidak terganggu oleh konsumsi udang. Bunga karang tersebut terus-menerus menumbuhkan jaringan baru sehingga gigitan kecil T. carneus tidak akan mengganggu, malah menguntungkan. Selain gunting, udang jantan memiliki capit besar dan kuat untuk melawan predator.
"Spesies udang ini membela rumah dari invertebrata pemakan bunga karang, seperti bintang laut," jelas Petrusek.
Temuan T. carneus dan hubungannya dengan bunga karang ini awalnya ditemukan para penyelam di Belize Barrier Reef, Belize. Udang kecil dengan ukuran tak lebih dari 1,5 sentimeter tersebut hidup dengan bersembunyi di dalam rongga-rongga milik bunga karang.
Peneliti telah mengkatalogkan keanekaragaman udang yang ada di sana. Mereka menemukan bahwa salah satu spesies udang membentuk koloni seperti semut di dalam bunga karang. (National Geographic Indonesia/Abiyu Pradipa)

http://sains.kompas.com/read/2011/08/05/02540475/Udang.Mungil.Ini.Suka.Makan.Rumahnya

Tidak ada komentar:

Pengikut