Ada kesalahan di dalam gadget ini

Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Selasa, 02 Agustus 2011

Ungkap Misteri Spora Jamur


Nicholas Money
KOMPAS.com - Para ilmuwan setidaknya sudah mengetahui 70.000 spesies jamur, tapi ada hal yang baru saja diketahui belum lama ini, yakni cara jamur melepaskan spora ke udara. Ilmuwan dari Miami University di Ohio mengungkapkan cara jamur melepaskan spora dalam video.
Jamur bisa melepaskan spora dengan kecepatan hingga lebih dari 100 kilometer per jam hanya dalam waktu yang singkat. Hal itulah sempat jadi misteri bagi para ilmuwan.
Beberapa jamur menggunakan kavitasi--mirip dengan hal yang terjadi ketika botol soda dibuka. Bayangkan batang jamur dengan spora di atasnya serta pentolan jamur berisi air. Saat jamur mengering, air di dalam pentolan menguap, menurunkan tekanan. Menurunnya tekanan membuat air di sekitar sel menguap menjadi gas dan masuk ke dalam pentolan yang tadinya mengecil. Gas membuat pentolan mengembang dengan cepat, melontarkan spora ke udara.
"Kami mengetahuinya setelah merekam jamur dengan kamera yang mampu merekam 1 juta gambar per detik," kata Nicholas Money, profesor botani dari Miami University. Dibantu dengan siswa-siswanya, Money mengambil 10 gambar yang menunjukkan gerakan jamur melepas spora. Tanpa kamera, pelepasan spora ini tidak terlihat mata. (National Geographic Indonesia/Alex Pangestu)


http://sains.kompas.com/read/2011/06/08/00175642/Rekaman.Video.Ungkap.Misteri.Spora.Jamur

Tidak ada komentar:

Pengikut