RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Alokasi Waktu : 10-15 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup
KETERAMPILAN BERTANYA DASAR LANJUT
I. Materi Ajar
· Pengertian Biologi sebagai ilmu
· Ciri-ciri makhluk hidup
II. Metode Pembelajaran
· Pengamatan-Tanya jawab
III. Langkah-Langkah Pembelajaran (KBM)
A. Kegiatan inti (15 menit)
· Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
· Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
· Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
IV. Evaluasi
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
Soal:
1. Mengapa biologi dikatakan sebagai ilmu?
2. Jelaskan ciri yang membedakan makhluk hidup dengan benda mati?
3. Adakah kaitannya antara kebutuhan makhluk biotik dengan abiotik?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Alokasi Waktu : 10-15 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Tujuan : Siswa dapat memahami ciri-ciri virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia
KETERAMPILAN MEMIMPIN DISKUSI KELOMPOK KECIL
I. Materi Ajar
· Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
· Ciri-ciri virus meliputi:
1. Ciri benda mati virus
2. Ciri hidup virus
· Struktur tubuh virus
· Cara reproduksi virus
· Peran virus bagi manusia meliputi:
1. Peran yang menguntungkan
2. Peran yang merugikan
II. Metode Pembelajaran
· Diskusi-Penugasan
III. Langkah-Langkah Pembelajaran (KBM)
A. Kegiatan inti (15 menit)
· Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
· Guru bersama siswa melakukan diskusi menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
V. Evaluasi
· Uji kompetensi tertulis
· Hasil kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus
Soal:
1. Gambarkan dan jelaskan struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis?
2. Jelaskan perbedaan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan?
3. Bagaimana reproduksi yang dilakukan virus virus?
4. Bagaimana peran virus bagi manusia?
5. Bagaimana kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Alokasi Waktu : 10-15 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria
KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
I. Materi Ajar
· Pengertian prokariot
· Ciri-ciri Eubacteria
1. Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2. Sturktur sel Eubacteria
3. Cara hidup Eubacteria
4. reproduksi bakteri
· Klasifikasi Eubacteria
· Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
· Contoh-corntoh Archaeobacteria
· Peranan bakteri bagi manusia
II. Metode Pembelajaran
· Diskusi-Penugasan-Pengamatan
III. Langkah Langkah Pembelajaran (KBM)
A. Kegiatan inti (15 menit)
· Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
· Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
VII. Evaluasi
· Laporan hasil pengamatan bakteri
· Uji kompetensi tertulis
Soal:
1. Sebutkan pengertian prokariotik?
2. Gambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria,
3. Sebutkan struktur bakteri dan jelaskan tiap fungsinya!
4. Jelaskan perbedaan struktur Eubakteria dan Archeobacteria!
5. Bagaimana peran bakteri bagi manusia?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Alokasi Waktu : 10-15 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia
KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN
I. Materi Ajar
· Ciri-ciri jamur meliputi:
1. Ciri struktur
2. Cara hidup
· Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1. Spora aseksual
2. Spora seksual
· Klasifikasi jamur
· Peranan jamur bagi manusia
· Proses produksi yang memanfaatkan jamur
II. Metode Pembelajaran
· Diskusi – Pengamatan – Penugasan
III. Langkah-Langkah Pembelajaran (KBM)
B. Kegiatan inti (15 menit)
· Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan pembagian kelompok.
· Tiap Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
VI. Evaluasi
· Laporan hasil pengamatan jamur
· Uji kompetensi tertulis
Soal:
1. Deskripsikan ciri-ciri jamur dan jelaskan !
2. Bagaimana cara jamur memperoleh makanan?
3. Bagaimana perbedaan spora aseksual dan seksual?
4. Mengapa jamur dipisahkan dari golongan dari tumbuhan dalam klasifikasinya, sebutkan alasan!
5. Sebutkan produk makanan yang menggunakan jamur!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu : 10-15 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya
KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
II. Materi Ajar
· Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
· Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
· Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
· Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
· Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi – Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan.
· Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
· Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
· Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
· Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
· Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya!
IV. Penilaian
· Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
· Uji kompetensi tertulis
Soal:
1. Gambarkan dan beri keterangan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia?
2. Bagaimana pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
3. Jelaskan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia!
4. Berikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati menurut anda!
5. Bagaimana perbedaan pelestarian In situ dan ex situ.!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu : 10-15 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia
KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN
I. Materi Ajar
· Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
· Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia
II. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
III. Langkah -Langkah Pembelajaran (KBM)
A. Kegiatan inti (15 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
· Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
· Siswa diberi kesempatan mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
· Tiap siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia yang diketahuinya, serta peran yang menguntungkan
· Guru memberikan penghargaan bagi siswa yang dapat mengemukakan pendapatnya.
IV. Evaluasi
· Uji kompetensi tertulis
Soal:
1. Bagaimana ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)?
2. Sebutkan klasifikasi tumbuhan berbiji (spermatophyta)?
3. Gambarkan struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga?
4. Jelaskan bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)?
5. Bagaimana peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
I. Materi Ajar
· Ciri umum dunia hewan
· Dasar klasifikasi dunia hewan
· Klasifikasi dunia hewan
II. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
III. Langkah Langkah Pembelajaran (KBM)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
· Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
· Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
· Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.
IV. Evaluasi
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Soal:
1. Deskripsikan ciri umum dunia hewan?
2. Jelaskan dasar klasifikasi dunia hewan!
3. Bandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan!
4. Deskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 13 dan 14
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan
KETERAMPILAN MENJELASKAN
I. Materi Ajar
· Keseimbangan lingkungan
· Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
· Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
· Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
· Penanganan limbah dengan cara daur ulang
II. Metode Pembelajarn
· Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
III. Langkah Langkah pembelajaran
A. Kegiatan inti (15 menit)
· Guru menjelaskan sistem keseimbangan dalam lingkungan.
· Guru menjelaskan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
· Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
IV. Penilaian
· Laporan hasil eksperimen
· Uji kompetensi tertulis
Diskusi:
1. Identifikasikan berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia!
2. Jelaskan berbagai dampak akibat aktivitas manusia
3 komentar:
Pak , , masuk 9 besar olimpiade ya. hebat bgt pak. aq jg suka blog bpk, coz byk tugas yg bisa saya kutip dr kumpulan tulisan di blog bpk , , thx ya pak
Yang Punya blog gantenggggggg banget , , blognya keren lagi. psti pnter . . .
backgroundnya mirip konservasi hutan wanagama :D, mkasih rpp-nya ya pak :)
Posting Komentar