Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Senin, 25 Oktober 2010

ESTIMASI POPULASI

ESTIMASI POPULASI

Irfan PASARIBU, A1C407007
Program Studi Pendidikan Biologi,
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jamb
Jln.Bulian-Jambi, Mendalo Darat 36361

Abstrak
Estimasi populasi adalah suatu metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan kepadatan suatu populasi. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk Menerapkan metode Capture – Mark – Release – Recapture untuk memperkirakan besarnya populasi simulan (objek simulasi) dan membandingkan hasil estimasi dari 2 rumus yaitu rumus Peterson dan Schnabel. Metode yang digunakan dalam percobaan ini adalah menggunakan simulasi, dengan memanfaatkan kancing yang berwarna hitam dan putih. Kancing berwarna putih sebagai simulasi hewan yang ditandai, dn kancing hitam sebagai hewan yang akan ditandai.
Dengan menggunakan rumus Peterson diperoleh hasil jumlah individu yang lebih kecil dibandingkan dengan hasil menggunakan rumus Schnabel. Penghitungan Peterson hanya menggunakan dua kali cuplikan terhadap sample, sedangkan Schnabel menggunakan perhitungan terhadap seluruh cuplikan.
Kata kunci: simulasi, estimasi, populasi, ekologi
Pendahuluan
            Individu-individu yang diambil sebagai sample haruslah acak sehingga dapat mewakili populasi. Ukuran besar kecilnya sa,pel sangatlah penting. Dalam hal ini semakin besar sample maka semakin mewakili populasi (Rachman.R,1996).
Populasi ditafsirkan sebagai kumpulan kelompok makhluk yang sama jenis (atau kelompok lain yang individunya mampu bertukar informasi genetic) yang mendiami suatu ruangan khusus, yang memiliki berbagai karakteristik yang walaupun paling baik digambarkan secara statistic, unik sebagai milik kelompok dan bukan karakteristik individu dalam kelompok itu (Soetjipta,1992).
            Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu Simulasi Estimasi Populasi. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk Menerapkan metode Capture – Mark – Release – Recapture untuk memperkirakan besarnya populasi simulan (objek simulasi) dan membandingkan hasil estimasi dari 2 rumus yaitu rumus Petersen dan Schnabel.
            Kepadatan pupolasi satu jenis atau kelompok hewan dapat dinyatakan dalam dalam bentuk jumlah atau biomassa per unit, atau persatuan luas atau persatuan volume atau persatuan penangkapan. Kepadatan pupolasi sangat penting diukur untuk menghitung produktifitas, tetapi untuk membandingkan suatu komunitas dengan komnitas lainnya parameter ini tidak begitu tapat. Untuk itu biasa digunakan kepadatan relative. Kepadatan relative dapat dihitung dengan membandingkan kepadatan suatu jenis dengan kepadatan semua jenis yang terdapat dalam unit tersebut. Kepadatan relative biasanya dinyatakan dalam bentuk persentase (Suin.N.M,1989).

Bahan dan Metode
Alat:
Dua buah toples
Bahan:
Kancing baju berwanna putih berjumlah ± seperempat dari tinggi toples.
Kancing baju berwarna hitam berjumlah ± seperempat dari tinggi toples.

Percobaan ini dilakukan pada hari kamis, tanggal 17 Desember 2009 di ruang Laboratorium P.MIPA lantai I Universitas Jambi.
Prosedur Kerja:
1. Diambil segenggam kancing berwarna hitam dalam toples, dan menukarkan kancing tersebut dengan kancing berwarna putih sebagai hewan yang ditandai.
2.  Dikocok toples agar kancing homogen.
3.   Diambil cuplikan yang kedua dengan cara yang sama, apabila terdapat sejumlah kancing berwarna lain dianggap sebagai (Ri).
4.   Dilakukan cuplikan tersebut sebanyak 10 kali.
5.   Dihitung dengan rumus Scanabel dan Peterson.
6.   Data yang didapat diisi di dalam table yang telah tersedia dibuku penuntun praktikum.
Metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan dalam pengamatan ini adalah Metode cuplikan yaitu dengan menghitung proporsil kecil populasi.(PETERSON) dan Metode Schnabel, yang menggunakan simulasi kancing baju.

Hasil dan Pembahasan
Hasil yang kelompok kami peroleh dapat dilihat dalam tabel yang ada pada lembaran lampiran. Menurut perhitungan diperoleh hasil sebagai berikut. Peterson:  575 individu dan schnabel: 415 individu. Dapat kita lihat, dengan menggunakan rumus diatas terjadi perbedaan hasil yang diperoleh. Adapun selisih yang didapat dari penggunaan rumus perhitungan populasi tersebut adalah 160 individu. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan rumus peterson hanya diambil dua cuplikan, sedangkan pada rumus schnable menggunakan 10 cuplikan.    
Menurut Sugianto, Agus (1994). Model Peterson menangkap sejumlah individu dari sujumlah populasi hewan yang akan dipelajari. Individu yang ditangkap itu diberi tanda kemudian dilepaskan kembali dalam beberapa waktu yang singkat. Setelah itu dilakukan pengambilan ( Penangkapan Ke 2 terhadap sejulah individu dari populasi yang sama. Dari penangkapan kedua inilah diidentifikasi indifidu yang bertanda yang berasal dari penangkapan pertama dan individu yang tidak bertanda dari hasil penangkapan ke dua. Kami mendapatkan rumus Peterson dari hasil praktikun yang kami lakukan yaitu :
N/M=n/R atau N=(M)(n)/R
Sedangkan hasil model Scanabel yang kami dapati yaitu menggunakan rumus :
N=∑(ni Mi)/∑Ri
Metode schanebel ini dapat digunakan untuk mengurangi ke tidak valitan dalam metode PETERSON. Metode ini membutuhkan asumsi yang sama dengan metode Peterson yang ditambahkan dengan asumsi bahwa ukuran populasi harus konstan dari suatu periode sampling dengan periode berikutnya. Pada metode ini penangkapan penandaan dan pelepasan hewan dilakukan lebih dari 2 kali. Untuk setiap periode sampling semua hewan yang belum bertanda diberi tanda dan dilepaskan kembali (Naughton,1973).

Kesimpulan
1.      Dapat menerapkan metode Cepture – Mark – Release – Recapture untuk memperkirakan besarnya populasi simulan.
2.      Dengan menggunakan rumus SCHANABEL maka didapat hasil 415. Sedangkan dalam rumus PETERSON didapat hasil 575 dan selisihnya adalah 160.
3.      Kesalahan baku untuk rumus Peterson adalah 141,86 sedangkan Schnabel 3,623.

Daftar Pustaka

(Tidak dipublikasikan, hanya ditampilkan dalam draft asli dokumen pribadi penulis)

3 komentar:

Intan Yasmiin mengatakan...

sip sip gan..... blog kamu membantu tugasku......

Bhima Wibawa mengatakan...

kebanggaan buat saya bila blog saya bisa membantu meringankan tugasnya yasmin , , ^_^

Indah mengatakan...

Thx ya kak bantuannya , , teman2 saya jg titip salam blg mkasih , , hehe. blognya super bagus, n sangat membantu. o iya, , saya pada sarankan mereka add FB kkak, hehe gpp yah ?????????

Pengikut