Papan Buletin Blog Bhima

Bhima's Leaf

Senin, 12 April 2010

Fakta Peting Tentang Kalori

Fakta Peting Tentang Kalori

Pendahuluan

Kalori mungkin menjadi sorotan bagi anda yang tengah berjuang menurunkan berat badan. Nah, sebelum melanjutkan diet, bagaiman kalau anda menyimak beberapa fakta pening tentang kalori. Kalori adalah suatu zat makanan yang banyak mengandung gula. Tanpa disadari krtika haus kita sering minum untuk memuaskan dahaga, tanpa berpkir bahwa itu adalah sumber kalori ayng bisa meningkatkan jumlah total asupan sehari.

Kalori yang berlebihan sangat dipermasalahkan oleh kalangan remaja maupun masyarakat pada umumnya. Dengan kelebihan kalori berat badan semalin bertambah, kelebihan kalori dapat menimbulkan penyakit. Jadi banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh kalori.

Pembahasan

Mengurangi kalori dengan olahraga rutin terbukti bisa membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Rata-rata berat badan turun maksimal 5-8,5 kg. Penurunan berat badan itu tidak berbahaya bagi kesehatan. Kesehatan yang telah dicapai dapat dipertahankan dengan menjaga pola makan dan olahraga rutin. Efek penurunan berat badan dapat dirasakan setelah 6 bulan menjalani pola hidup sehat.

Waspadai asupan kalori cair. Kita sebaiknya menghindari konsumsi minuman bersoda. Orang yang minum soda di waktu makan menyebabkan lebih sedikit mengkonsunsi air putih. Akibatnya, hitung-hitungan kalori melonjak setelah mengkonsumsi minuman kaya gula. Rata-rata sukarelawan menelan 128 kalori dari sekaleng soda “kecil” (ukuran 12 ons) dan 151 kalori dari yang berukuran 18 ons. Jika anda bertekad menurunkan kalori langkah pertama yang dapat anda lakukan membuat catatan pola makan untuk beberapa hari, kemudian lihat dibagian mana anda bisa mengurangi kalori dari minuman. Perlu diingat air putih tentu adalah alternatif terbaik.

Makanlah lebih perlahan. Jika anda makan lebih perlahan, anda akan makan lebih sedikit dan menikmati makanan anda. Saat makan dengan cepat anda menelan dengan rata-rata 646 kalori dalam 9 menit. Ketika makan perlahan anda mengkonsumsi 576 kalori dalam 29 menit. Untuk mengurangi , kalori yang dikonsumsi mengunyah tiap gigit makanan selama 15-20 kali.

Jangan remehkan porsi besar. Hampir setiap orang meremehkan jumlah kalori yang dikonsumsi, terutama oarng yang berat badan berlebih. Baisanya makan cepat saji, berukuran kecil, rata-rata mengandung 419 kalori yang tidak jauh dengan kandungan kalori aktual yaitu 514 kalori. Namun orang yang memilih porsi besar rata-rata memperkirakan kandungan kalori dalam makanan mereka sebesar 67 kalori. Kenyataannya hitungan kalori aktual adalah 1188 jauh melebihi perkiraan.

Jenis makanan tak kalah penting mempengaruhi jumlah kalori dalam tubuh. Tak cukup hanya mengawasi asupan kalori pemilihan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan akan mencegah resiko terkena penyakit jantung. Anda harus mampu mengkombinasikan makanan dari diet rendah lemak dan rendah karbohidrat, serta menghindari kekurangan dari kedua jenis tersebut. Karbohidrat digolongkan berkualitas rendah jika cepat dicerna yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang relatif cepat, contohnya minuman bersoda atau roti putih. Tapi ada pula karbohidrat berkualitas tinggi, seperti bijirin dan sayur mayur yang secara umum tinggi serat.

Penutup

Jika seseorang mempertahankan pola makan dan olahraga rutin, dalam rangka panjang penurunan berat badan dapat dipertahankan. Akan tetapi anda harus mampu mengkombinasikann kelebihan dari diet rendah lemak dan rendah karbohidrat. Setelah anda mengetahui fakta penting tentang kalori anda harus menghindari kekurangan dari kedua janis diet tersebut. Waspadai asupan kalori cair seperti air soda dan minuman berkalori agar penambahan kalori dalam tubuh bisa dicegah.

Tidak ada komentar:

Pengikut