Lampiran
1. Identifikasi Masalah
NO
|
PERMASALAHAN
|
LOKASI
|
SUMBER
(P/M/D)
|
1
|
Kebersihan dan tata mesjid belum terawat
|
Nibung II
|
M
|
2
|
Taman desa yang belum dimiliki
|
Nibung II
|
P/M
|
3
|
Belum ada penomoran rumah warga
|
Desa Nibung
|
M
|
4
|
Papan bulletin/ papan informasi desa belum
tersedia
|
Desa Nibung
|
P
|
5
|
Pengolahan sampah organik dan anorganik yang belum
terealisasi
|
Desa Nibung
|
M
|
6
|
Belum tersedianya kantin sekolah/ kantin kejujuran
|
SD 215/VI Desa NIbung
|
M
|
7
|
Belum adanya kegiatan Bimbingan Belajar siswa
|
SD 215/VI Desa NIbung
|
M
|
8
|
Belum adanya pembelajaran komputer bagi siswa
|
SD 215/VI Desa NIbung
|
M
|
9
|
Belum terlaksananya pengadaan lomba di sekolah
|
SD 215/VI Desa NIbung
|
M
|
10
|
Pemakaman warga yang kurang penataan dan
pembersihan
|
Nibung II
|
M
|
11
|
Perpustakaan sekolah yang kurang pembinaan/
penataan
|
SD 215/VI Desa NIbung
|
P
|
12
|
Sosialisasi peningkatan minat baca siswa
|
Nibung I dan II
|
D
|
13
|
Seabagian masyarakat belum memiliki KTP
|
Nibung II
|
P
|
14
|
Desa belum memiliki peta desa
|
Desa Nibung
|
P/M
|
15
|
Poskamling yang tidak tersedia
|
Desa Nibung
|
M
|
16
|
Belum adanya pembinaan industri kecil makanan
warga
|
Desa Nibung
|
M
|
17
|
Belum dilaksanaknnya program pengadaan gizi
tambahan siswa 1 x seminggu
|
SD 215/VI Desa NIbung
|
D
|
18
|
Belum tersedianya UKS di sekolah
|
SD 215/VI Desa NIbung
|
D
|
19
|
Belum terlaksanya program LCT siswa di sekolah
|
SD 215/VI Desa NIbung
|
M
|
20
|
Belum adanya pemanfaatan barang bekas oleh warga
masyarakat
|
Desa Nibung
|
M
|
21
|
Belum pernah dilakukannya pemeriksaan kesehatan
warga desa
|
Desa Nibung
|
D
|
22
|
Belum adanya pengadaan madng siswa di sekolah
|
SD 215/VI Desa NIbung
|
M
|
23
|
Belum pernah dilakukannya pendataan rumah sehat
warga
|
Desa Nibung
|
D
|
24
|
Masih jarang dilakukannya penyebaran cerita rakyat
di kalangan masyarakat
|
Desa Nibung
|
M
|
25
|
Kurangnya pengetahuan masyarakatmengenai jenis
tanaman obat di daerah sekitar
|
Desa Nibung
|
M
|
26
|
Kurangnya pengetahuan masyarakatakan pentingnya
mengetahui golongan darah
|
Desa Nibung
|
M
|
27
|
Masyarakat yang kurang memahami arti pentingnya
menjaga kesehatan diri melalui kondisi sirkulasi darah
|
Desa Nibung
|
M
|
28
|
Belum adanya plakat identitas meja guru di sekolah
|
Desa Nibung
|
M
|
29
|
Kurangnya pemahaman masyarakat dalam mencegah
penyakit DBD
|
Desa Nibung
|
M
|
Lampiran
2. Prioritas Pemilihan Permasalahan
NO
|
PERMASALAHAN
|
ALASAN
PEMILIHAN
|
1
|
Belum adanya kegiatan
Bimbingan Belajar siswa
|
Berdasarkan analisis
KUWAT memungkinkan untuk diajukan sebagai program KKN-PPM. Siswa desa Nibung
kurang memanfaatkan waktu senggang dengan baik, untuk itu perlu akan adanya
bimbingan belajar rutin sebagai kegiatan ekstrakurikuler siswa untuk mendapat
tambahan ilmu diluar jam belajar sekolah.
|
2
|
Belum adanya
pembelajaran komputer bagi siswa
|
Berdasarkan analisis
KUWAT memungkinkan untuk diajukan sebagai program KKN-PPM. Seiring
berkembangnya zaman maka pengethuan untuk memahami teknologi computer tak
dapat dielakkan lagi, untuk itu perlu akan adanya pembelajaran dan pengenalan
dasar komputer kepada siswa sebagai dasar awal untuk memahami dunia
komputerisasi.
|
3
|
Perpustakaan sekolah
yang kurang pembinaan/ penataan
|
Berdasarkan analisis
KUWAT memungkinkan untuk diajukan sebagai program KKN-PPM. Perpustakaan
merupakan gudang ilmu, khususnya bagi siswa-siswi yang masih dalam tahap
menemukan segala pengalamannya melalui pembelajaran. Perpustakann yang
tersedia namun tidak tertata dengan baik akan menyulitkan siswa dalam
menemukan bahan bacaan yang ingin ditemukannya, untuk itu perlu akan
pengelolaan dan penatan kembali perpustakaan yang telah tersedia.
|
4
|
Kurangnya pengetahuan
masyarakat akan pentingnya mengetahui golongan darah
|
Berdasarkan analisis
KUWAT memungkinkan untuk diajukan sebagai program KKN-PPM. Mengetahui
penggolongan darah sangat penting bagi masyarakat, berbagai kegiatan medis
sebagian besarnya berkaitan dengan darah. Hal ini penting apabila diperlukan
data untung menentukan hubungan darah keluarga, transfuse darah, hingga
kejadian tak terdugasemisal kecelakaan yang mendesak membutuhkan informasi
mengnai golongan darah.
|
5
|
Masyarakat yang
kurang memahami arti pentingnya menjaga kesehatan diri melalui kondisi
sirkulasi darah
|
Berdasarkan analisis
KUWAT memungkinkan untuk diajukan sebagai program KKN-PPM. Tanpa disadari
sirkulasi darah berpengaruh besar bagi kesehatan, kondisi darah tubuh yang
tidak terpelihara akan menyebabkan berbagai gangguan fungsi tubuh yang tidak
normal, maka dari itu perlunya pengetahuan masyarakat untuk rutin memeriksa
tekanan darahnya agar kesehatan tubuh dapat terpantau.
|
6
|
Belum adanya plakat
identitas meja guru di sekolah
|
Berdasarkan analisis
KUWAT memungkinkan untuk diajukan sebagai program KKN-PPM . Meja kerja adalah
sarana penting yang harus dimiliki guru dalam melaksanakan rutinitas
kegiatannya. Meja yang dimiliki namun tanpa identitas akan mengakibatkan
kesalahan prosedur eksternal apabila pihak luar datang dan berkunjung ke sekolah, ataupun wali muri dan siswa
yang mendatangi kantor. Untuk itu perlunya pembuatan plakat identitas bagi
meja guru. Hal ini juga berfungsi agar seluruh kegiatan guru di meja kerja
dapat terorganisir.
|
7
|
Kurangnya pemahaman
masyarakat dalam mencegah penyakit DBD
|
Berdasarkan analisis
KUWAT memungkinkan untuk diajukan sebagai program KKN-PPM. Kurangnya
pemahaman masyarakat dalam mencegah DBD mengakibatkan jatuhnya korban
berkali-kali tanpa sempat ada pengobatan, padahal sebelum hal itu terjadi
setidaknya ada tindakan pencegahan dini agar penyebab DBD dapat
ditindaklanjuti sebelumnya. Untuk itu perlu dilakukannya sosialisasi untuk
mencegah DBD di masyrakat dengan penggunan bubuk ABATE.
|
8
|
Identifikasi tanaman obat serta manfaatnya
|
Berdasarkan analisis KUWAT
memungkinkan untuk diajukan sebagai program KKN-PPM. Program ini diharapkan
menambah pengetahuan masyarakat tentang jenis – jenis tanaman obat yang dapat
ditemukan pada daerah sekitar desa beserta manfaat tanaman obat tersebut,
mengingat bahwa semakin berkurangnya pengelolaan masyarakat dewasa ini pada
bidang budidaya medical tanaman.
|
9
|
Identifikasi cerita rakyat
|
Berdasarkan analisis
KUWAT memungkin kan untuk diajukan sebagai program KKN-PPM. Cerita rakyat
merupakan suatu hal yang turun-temrurun disampaikan agar hendaknya masyarakat
mengetahui arti bagaimana perkembangan kehidupan desa mereka dari zaman-ke
zaman, sehingga dapat dijadikan bahan pembelajaran. Program ini diharapkan
dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat mengenai cerita rakyat yang berkembang di daerah
mereka.
|
Lampiran
3. Rencana Kegiatan
NO
|
NO.
SEKTOR
|
NAMA
PROGRAM/SIFAT
|
BAHAN
|
VOLUME
|
SUMBER
DANA
|
1.
|
SB.22.04.26
|
Bimbel IPA SD
|
-
Spidol
-
Papan tulis
-
Modul ajar
-
Kamera
-
Fotocopy soal tes
|
8 orang
|
Mhs: 11
Swd:
-
Lain2:-
Jumlah:
11
|
2.
|
SB.22.04.27
|
Pengenalan Komputer
Dasar SD
|
-
Spidol
-
Laptop dan perangkatnya
-
Modul ajar
-
Kamera
-
Fotocopy soal tes
|
8 orang
|
Mhs: 11
Swd:
-
Lain2:-
Jumlah:
11
|
3.
|
SB.22.04.28
|
Sosialisasi
Penggunaan Bubuk ABATE untuk pencegahan DBD
|
-
Brosur
-
Bubuk ABATE
-
Spidol
-
Pena
-
Notebook
-
Kamere
|
50 orang
|
Mhs: 26
Swd:
-
Lain2:-
Jumlah:
26
|
4.
|
SB.22.04.29
|
Pemeriksaan Tekanan
Darah
|
-
Sphygmomanometer raksa (Hg)
-
Pena
-
Kamera
|
13 Orang
|
Mhs: 3
Swd:
-
Lain2:-
Jumlah:
3
|
5.
|
SB.22.04.30
|
Pemeriksaan Golongan
D\arah
|
-
Serum golongan darah ABO
-
Blood Lancet
-
Jarum Franck
-
Alkohol
-
Kapas
-
Toothpicks
-
Objek Glass
-
Test Card
-
Laminating file
-
Kamera
|
13 orang
|
Mhs: 110
Swd:
-
Lain2:-
Jumlah:
110
|
6.
|
SB.22.04.31
|
Pembuatan Plakat Nama
Meja Guru
|
-
Pena
-
Spidol
-
Karton
-
Lem FOX
-
Paku payung
-
Selotip
-
Double tape
-
Kamera
|
12 orang
|
Mhs: 10
Swd:
-
Lain2:-
Jumlah:
10
|
7.
|
SB.22.04.32
|
Pembutan Label dan
Penataan Buku Perpustakaan
|
-
Pena
-
Spidol
-
Karton
-
Lem FOX
-
Paku payung
-
Selotip
-
Double tape
-
Kamera
|
12 orang
|
Mhs: 10
Swd:
-
Lain2:-
Jumlah:
10
|
*
(ID) untuk program Inter Disipliner dan (MD) untuk program Mono Disipliner
*
sumber dana dalam ribuan rupiah
Dan dua program tambahan
yaitu:
Rencana Program Kerja Tambahan
No
|
Nama Program
|
No Sektor
|
Bahan
|
Volume
|
Sumber Dana
|
1.
|
Identifikasi
Tanaman Berkhasiat Obat
|
KM.22.04.33
|
-
Pena
-
Notebook
-
Kamera
|
3
orang
|
Mhs:
7
Swd:
-
Lain2:-
|
2.
|
Identifikasi
Cerita Rakyat
|
SB.22.04.34
|
-
Pena
-
Notebook
-
Kamera
|
4
orang
|
Mhs:
5
Swd:
-
Lain2:-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar